Profesi Perencana Keuangan Adalah Mitra Keluarga

 
 

Profesi Perencana Keuangan Adalah Mitra Keluarga

Profesi Perencana Keuangan Adalah Mitra Keluarga

Sering mendengar tentang jasa Perencana Keuangan (Financial Planner)? Apa yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar hal ini? Beberapa mungkin berpikir :

• Ah, saya sih gak perlu pake Financial Planner, asset keuangan saya masih sedikit……
• Pastinya pake jasa mereka mahal, ya mending ngurus keuangan sendiri saja
• Kira-kira kalo pake jasa Perencana Keuangan, hutang-hutang saya bisa beres gak?

Banyak sekali tanggapan serupa setiap kali bertemu dengan calon klien. Padahal, menggunakan jasa Perencana Keuangan ini mirip dengan konsultasi ke Dokter. Kita mau menunggu sampai keuangan kita sakit atau dari awal menjaga kesehatan keuangan? Seorang Perencana Keuangan juga bukanlah orang sakti yang bisa langsung menyembuhkan semua masalah keuangan klien. Sebagai konsultan, klien diberikan saran tergantung tujuan keuangan dan masalah keuangan yang dihadapinya. Keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan klien dalam menjalankan saran yang diberikan. Dan keberhasilan dalam mencapai kondisi keuangan yang sehat tidak dapat dijalankan secara instan, karena hal tersebut harus terus dijalankan dan dievaluasi sepanjang waktu.

Pengelolaan dan Perencanaan Keuangan Keluarga harus dilakukan sejak awal untuk mencapai tujuan dan impian Anda.

Seorang Perencana Keuangan pada dasarnya adalah ahli yang membantu kliennya mencapai tujuan keuangan, misalnya mempersiapkan dana pembelian rumah dan kendaraan, mempersiapkan dana pendidikan anak, mempersiapkan dana pensiun dan seterusnya.

Mengapa perlu menggunakan jasa Perencana Keuangan?
1. Adanya saran ahli  dalam mengelola keuangan : Anda bisa saja mempelajari tentang keuangan dari berbagai media, tetapi tentunya dibutuhkan waktu. Seorang Perencana Keuangan memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai masalah keuangan, sehingga dapat memberikan saran yang lebih efisien dan efektif.

2. Memberikan saran yang obyektif : Umumnya orang tidak bisa bersikap rasional terhadap permsalahan keuangannya. Misalnya punya hutang kartu kredit untuk membeli barang-barang konsumtif, tetapi tetap beranggapan kalau pembelian itu penting. Seorang Perencana Keuangan akan memberikan analisa yang obyektif terhadap permasalahan keuangan kita. Analisa didasarkan atas data-data keuangan Anda disertai dengan perhitungan yang dapat dipertanggungjawabkan.

3. Membantu merealisasikan rencana keuangan : Sesuatu keinginan yang direncanakan tanpa pernah direalisasikan tentunya percuma saja. Perencana Keuangan memberikan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan rencana keuangan Anda. Secara berkala mengingatkan untuk disiplin menjalankannya dan mengevaluasi rencana jika terjadi ketidak sesuaian hasil.

4. Memberikan rekomendasi produk Investasi yang cocok : Begitu banyak produk Investasi yang ada di pasaran, semua menjanjikan imbal hasil yang menarik. Mana yang akan Anda pilih? Perencana Keuangan akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan profil risiko kliennya. Mereka sudah paham Manajer Investasi mana yang mempunyai track Record yang baik, berapa kenaikan biaya Pendidikan setiap tahunnya, Asuransi mana yang tepat untuk kebutuhan klien, dll.

Bagaimana memilih Perencana Keuangan yang baik?

Berikut kriterianya :
• Bisa Dipercaya :  tentunya Anda harus merasa nyaman dan percaya karena harus menyerahkan informasi keuangan keluarga yang sensitif kepada Perencana Keuangan.

• Independen : semua saran yang diberikan bertujuan untuk kepentingan klien, bukan semata-mata untuk menjual produk atau jasa dari perusahaan terntentu.

• Berpengalaman : Dalam menyusun rencana keuangan dibutuhkan dukungan pengetahuan dan informasi pasar yang memadai. Misalnya, saat menyusun dana pendidikan, update mengenai berapa rata-rata kenaikkan biaya sekolah per tahun menurut jenis sekolah. Tahu bagaimana kinerja reksadana, termasuk risikonya, sehingga bisa menyarankan yang paling cocok buat klien.

• Punya Sertifikasi : setiap Perencana Keuangan harus memiliki gelar Certified Financial Planner (CFP), untuk memastikan mereka mempunyai Standar Kompetensi dan Profesionalitas untuk melakukan Perencanaan Keuangan di Indonesia.

Jika Anda memiliki permasalahan keuangan yang mendesak atau ingin memiliki Keuangan yang sehat, segera manfaatkan jasa Perencanaan Keuangan. Anda bisa memilih untuk mengikuti Konsultasi Keuangan singkat selama 2 jam atau membuat Kontrak Perencanaan Keuangan dengan waktu yang lebih panjang.

 

Sari Insaniwati, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial

Recent Tweets

Problem retrieving data from Twitter

 
 

More from our blog

See all posts