Agar Hobi Tidak Membuat Jadi Rugi!

“Agar Hobi Tidak Membuat Jadi Rugi!”

Tips-Hobi-MRE

 

Melakukan sesuatu hal yang menjadi hobi kita, pastilah sangat menyenangkan. Ada orang yang hobi berolahraga, berkegiatan seni, melakukan kegiatan kreatif, dan lain sebagainya. Segala macam kepenatan terasa berkurang. Rasa lelah setelah beraktivitas rutin terobati ketika kita melakukan hal yang kita sukai. Namun tanpa kita sadari, kadang kala hobi ini juga menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam pengeluaran uang kita. Saking senangnya kita dalam menjalankan hobi kita, tidak sadar arus uang kita menjadi negatif dan di akhir bulan kita akan menemukan uang kita semakin menipis.

 

Untuk itu ada beberapa tips agar hobi yang kita lakukan tidak hanya sekedar menjadi pos pengeluaran yang membuat kita rugi, namun juga ternyata bisa menjadi sumber pemasukan bagi kita :

  • Pilih sesuai dengan minat

Ketika memilih hobi, yang pertama pilihlah yang benar-benar menarik minat kita, jangan hanya ikut-ikutan trend. Suatu hobi biasanya mensyaratkan adanya modal yang harus kita miliki untuk kita bisa menjalankannya. Modal tersebut bisa berupa uang, barang perlengkapan, ataupun skills untuk melakukan hobi tersebut. Apabila jogging butuh sepatu lari. Yang berhobi koleksi perangko butuh uang untuk menambah koleksinya. Bila kita hanya mengikuti trend, dalam waktu yang tidak terlalu lama maka kita akan bosan dengan hobi baru tersebut. Akibatnya modal yang sudah kita keluarkan akan menjadi tidak terpakai.

  • Sesuaikan dengan kemampuan kita

Tak bisa dipungkiri, beberapa hobi membutuhkan modal finansial yang sangat besar untuk menjalankannya, seperti berkuda dan bermain jet ski membutuhkan biaya yang tidak kecil. Meskipun kita sangat menyenanginya dan merasa memiliki bakat untuk terus berkembang di hobi tersebut, namun semisal bila dilakukan, bisa mengguncang keadaan ekonomi keluarga maka kita harus berpikir secara lebih realistis untuk meneruskannya menghentikannya.

  • Menabung

Menabung tampaknya merupakan cara yang paling sederhana bila kita memiliki hobi – hobi yang memiliki pengeluaran besar, namun kita tidak bisa meninggalkannya. Sisihkanlah pemasukan anda secara periodik, sehingga pada saatnya anda akan menjalankan hobi anda, tersedia dana yang mencukupi untuk anda berkegiatan dengan nyaman, dan setelahnya dapur anda tetap dapat mengepul. Sebagai contoh ada seorang teman yang miliki komitmen pribadi untuk jalan-jalan ke luar negeri sekali setahun, dan untuk itu ia akan menabung selama hampir satu tahun untuk mewujudkan komitmennya tersebut.

  • Jadilah ahli

Hobi apapun yang anda jalani, apabila anda telah begitu mendalami seluk-beluknya, maka orang-orang yang memiliki hobi yang sama akan menjadikan anda sumber referensi. Jangan malu untuk “menjual” keahlian anda tersebut, karena dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana. Yang suka berenang, kenapa tidak anda menawarkan kepada orang-orang untuk menjadi pelatih renang ?. Yang suka fotografi, cobalah ikut lomba-lomba fotografi, sehingga bila menang maka karya anda akan di hargai mahal. Atau bisa juga anda menekuni profesi sebagai fotografer pernikahan misalnya. Yang hobi menanam bunga, kenapa tidak mulai membudidayakan tanaman anda dan menawarkannya ke lingkungan sekitar kita ?. Selain dapat menjual produk kita, dengan menjadi ahli di suatu hobi juga bisa membuat anda diundang untuk menjadi pembicara dalam acara-acara yang terkait dengan hobi anda tersebut.

 

 

Penulis     : Andy Nugroho, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

 

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts