Aneka Sumber Dana Pendidikan

“Aneka Sumber Dana Pendidikan”

Sumber-dana-pendidikan-MRE

 

Fisika kuantum  memang punya daya pikat yang luar biasa. Membahasnya bisa membuat kita larut ke dalam fenomena alam dan asal muasal kejadian semesta beserta isinya.  Tidak heran ditengah badai kegetiran ujian nasional, lahir tunas-tunas muda Indonesia menyabet emas pada olimpiade físika internasional. Sebab sesungguhnya negara nan melimpah dengan sumber daya ini merupakan laboraturium raksasa yang menjadi wadah penyelarasan teori dan praktek  pemberdayaan alam. Namun semuanya adalah potensi tanpa katalis  pendidikan yang harus bersinergi antara kurikulum tahapan sekolah formal dan informal dengan visi orang tua. Betul, setiap orang tua adalah arsitek pendidikan untuk anaknya. Pekerjaan Anda  dimulai dari membuat blue print nya sampai menyediakan dana pendidikan anak. Pertanyaan berikutnya, darimanakah sumber dana pendidikan untuk anak kita kelak ?

 

Adapun penembakan brutal yang menewaskan 32 orang (seorang mahasiswa Indonesia juga menjadi korban) yang dilakukan seorang oknum mahasiswa  di universitas Virginia Tech USA, adalah keprihatinan pendidikan anak bagi kita. Bahwa sebait syair lagu kebangsaan,”..bangunlah jiwanya, bangunlah badannya..” dimaksudkan salah satunya  sebagai teropong orang tua dalam rancang bangun pendidikan anak.

 

Sumber Dana Pendidikan

Coba Anda amati kantor-kantor pegadaian saat menjelang pembayaran uang pangkal sekolah anak. Akan lebih ramai dari biasanya walaupun tidak seramai menjelang hari raya lebaran. Maklumlah pegadaian dengan motto “ Menyelesaikan masalah tanpa masalah” bisa menjadi solusi ketika orang tua tidak mempunyai dana tunai untuk membayar uang sekolah anak. Siapa bilang ini tidak boleh, yang pasti Anda punya pilihan bijaksana untuk menyiapkannya dari jauh-jauh hari daripada bolak balik kepepet kan .

Berikut ini ada 4 pilihan sumber dana pendidikan yang bisa orang tua pilih :

 

Sumber Dana Pendidikan 1

I. Package  product  :
a.    Tabungan pendidikan  : Menabung secara rutin atau sekaligus ke dalam tabungan pendidikan di bank. Tabungan pendidikan ini hanya bisa diambil saat orang tua membayar uang pangkal sekolah anak, jadi usahakan 2 atau 3 bulan sebelum pendaftaran sekolah, dananya sudah bisa dicairkan. Umumnya tabungan pendidikan sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa. Sehingga jika terjadi risiko kematian pada orang tua yang menyebabkan setoran tabungan pendidikan terhenti,  maka ada sejumlah uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk meneruskan setoran tabungan pendidikan anak

b.    Asuransi pendidikan : Membayar premi asuransi jiwa secara berkala atau sekaligus ke dalam asuransi pendidikan dari perusahaan asuransi. Ada bagian dari premi yang dialokasikan untuk proteksi, sejumlah tertentu sisanya diinvestasikan. Premi yang di investasikan tersebutlah yang digunakan untuk membayar uang pangkal sekolah pada tiap jenjang pendidikan anak yang jumlahnya diambil dari prosentase tertentu dari Uang Pertanggungan. Jika terjadi risiko kematian pada orang tua yang menyebabkan setoran premi asuransi pendidikan terhenti,  maka setoran premi selanjutnya akan ditanggung oleh perusahaan asuransinya. Sehingga dana pendidikan anak terjamin ketersediaanya.

c.    Kredit Bebas Agunan Dana Pendidikan : Pinjaman khusus dana pendidikan yang dikeluarkan suatu bank ini memberikan maksimum pembiayaan  100% dari biaya pendidikan, mulai dari Rp 5 juta s/d Rp 200 juta. Ketika mengajukan sudah terlampir surat keterangan lulus ujian masuk atau keterangan pendaftar resmi dari sekolah yang bersangkutan. Anda harus membayar biaya administrasi juga provisi sebesar maksimal 1% dari plafon , jika disetujui. Selanjutnya droping dana bisa dilakukan ke sekolahnya. Sebaliknya Anda juga bisa melakukan refinancing , maksudnya Anda talangi dulu dananya, baru mengajukan pinjaman.

 

Sumber Dana Pendidikan 2

II. Taylor made  :
Persiapan dana pendidikan sangat unik karena adanya tahapan jenjang pendidikan dari TK s/d Perguruan Tinggi yang secara keseluruhan berjumlah 18 tahun. Jadilah investasi pendidikan mempunyai time horizon yang berbeda terdiri dari jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Ini membuka peluang untuk melakukan manuver dalam berinvestasi. Untuk itu tersedia aneka macam investasi untuk time horizon investasi yang berbeda. Misalnya deposito dan reksa dana pasar uang untuk investasi jangka pendek, ORI dan reksadana, pendapatan tetap untuk jangka menengah. Sedangkan untuk jangka panjang bisa menggunakan reksadana campuran, reksadana saham, saham langsung bahkan property. Ada juga orang yang lebih suka membuka usaha untuk membiayai pendidikan anaknya. Boleh-boleh saja, kenapa tidak. Kuncinya bisa memilih investasi yang cocok dengan time horizon investasinya dan Anda mengetahui apa yang Anda lakukan sehingga mampu mempertimbangkan peluang dan risikonya. Dan jangan lupa , selalu pastikan bahwa investasi dana pendidikan rancangan sendiri ini juga terproteksi baik dengan asuransi.

 

Sumber Dana Pendidikan 3

III. Combination.
Seperti Anda ketahui tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah produk dana pendidikan yang  konservatif dengan return yang kecil. Sehingga tidak bisa mengejar kenaikan biaya pendidikan yang rata-rata diatas inflasi. Akibatnya terjadi selisih kurang antara dana yang tersedia dengan kebutuhan biaya sekolah yang sesungguhnya. Untuk menutup selisih kurang itu Anda bisa saja menambah tabungan pendidikan maupun asuransi pendidikan yang dimiliki saat ini dengan investasi pendidikan rancangan sendiri.

 

Sumber Dana Pendidikan 4

IV. Scholarship :
Peluang terbuka lebar bagi pelajar yang berprestasi melalui beasiswa untuk sekolah dengan biaya ringan. Namun kualitas pelajar seperti ini tidak lahir dengan sendirinya. Bakat dan intelegensia memang memainkan peranan penting namun sebagian besarnya adalah komitmen  kedisplinan dan kerja keras yang dicontoh anak dari orang tua dan di dukung akses informasinya. Karena itu beasiswa bisa menjadi pilihan sumber dana pendidikan yang edukatif untuk orang tua maupun anak.

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts