Dalam Kota Atau Luar Negeri, Sama Serunya!

“Dalam Kota Atau Luar Negeri, Sama Serunya!”

Dalam-Kota-Atau-Luar-Negeri-Sama-Serunya-MRE

Liburan di dalam kota maupun di luar negeri akan terasa sama serunya, apabila tidak hanya fisik anda saja yang hadir di sana, tetapi juga pikiran dan jiwa anda. Sehingga tenaga, waktu dan uang yang sudah anda alokasikan untuk liburan kali ini menjadi saat-saat yang benar-benar berharga.

Anda masih ingat sebuh film komedi keluarga yang fenomenal di tahun 1990an, “Home Alone”? Aktor imut Macaulay Culkin yang memerankan Kevin McAllister, tidak sengaja tertinggal di rumah saat liburan natal. Semantara orang tua dan saudara-saudaranya pergi berlibur ke Paris. Wajahnya amat ketakutan saat mengetahui dirinya di rumah sendirian, namun tak lama berubah menjadi senyum puas super jahil. ” Bebas !” Siapa yang bisa menandingi ekspresi teriakan Kevin dengan kedua tangannya memegang pipinya ketika meniru ayahnya mencukur dagu dan menggunakan cologne after shave. Aksinya yang sungguh kocak saat dia harus mengeluarkan semua triknya untuk menghadapi ulah dua pencuri sial yang menyatroni rumahnya menjadi kekuatan utama film tersebut.

Anda tak ingin acara liburan akhir tahun ini berantakan seperti keluarga McAllister kan? Tapi cobalah menjadi Kevin, dia bisa bersenang-senang dengan liburannya dimanapun dia berada. Apakah itu di rumah sendiri, jalan-jalan ke luar kota, atau jalan – jalan ke luar negeri, sama serunya. Yang penting jangan hanya fisik anda saja yang hadir di sana, tetapi juga pikiran dan jiwa anda. Sehingga tenaga, waktu dan uang yang sudah anda alokasikan untuk liburan kali ini menjadi saat-saat yang benar-benar berharga.

 

Liburan Di Dalam Kota

Tidak diragukan lagi bahwa kelebihan utama dari berlibur didalam kota adalah biayanya yang ekonomis. Juga lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak hal juga waktu lama untuk persiapannya. Liburan di dalam kota juga menjadi tidak lebih berisiko dibandingkan jika kita bepergian ke luar kota atau ke luar negeri.

Ada banyak tempat wisata di dalam kota yang bisa dikunjungi. Anda bisa mengunjunginya untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat, atau untuk merasakan petualangan yang baru. Pilihannya sangat beragam, mulai dari museum, galeri, pantai, hingga beragam tempat makan yang menawarkan pengalaman kuliner yang tak kalah seru. Hotel yang ada di kota anda pun biasanya tak mau kalah bersaing memberi layanan dan program paket menginap liburan akhir tahun untuk menggaet minat masyarakat.

 

Baca juga artikel lain seputar liburan : “Liburan Produktif”

 

Di rumah pun Anda bisa mendapatkan suasana liburan yang berkualitas. Anda bisa merayakan tahun baru di rumah bersama keluarga mengundang saudara, tetangga, teman. Kalau perlu buat acara dengan tema khusus seperti barbecue atau doa (renungan) bersama agar lebih berkesan. Supaya suasana lebih meriah sediakanlah makanan kecil yang banyak dan bervariasi untuk menambah hangat suasana. Jangan lupa foto-foto atau rekaman videonya dan tentu saja…terompet tahun baru. Nah, sisa waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ulang rumah, kamar si kecil, mengganti wall paper dan lain sebagainya. Mengerjakan hobi Anda yang tidak sempat dilakukan di hari biasa juga bisa menjadi sarana refreshing juga. Jadi, anda tidak harus jauh – jauh ke luar negeri kan ?

 

Tips Liburan Optimal Baik di Dalam Kota Maupun Luar Negeri

Aspek biaya menjadi hal yang penting yang harus diperhatikan. Mempersiapkan anggaran liburan dengan baik akan mencegah anda bersikap boros. Berlibur tidak harus mahal, pilih saja tempat sederhana yang mengesankan. Tetapi jika di luar negeri menjadi target liburan anda, mulailah menabung sejak jauh-jauh hari. Walaupun demikian biaya bukanlah satu-satunya hal yang harus menjadi perhatian kita. Dalam perencanaan liburan sebuah keluarga perlu memerhatikan beberapa hal agar liburan menjadi indah dan bermakna. Misalnya dengan tidak menyimpan unek-unek ketika akan berlibur, sebab akan membuat diri anda dan keluarga amat tak nyaman. Sebelum bepergian tenangkanlah pikiran. Dan tuntaskan masalah yang ada di antara keluarga yang akan berangkat libur. Carilah solusi bersama dengan sikap yang santai jika berbeda keinginan soal bagaimana akan menghabiskan waktu liburan, transportasi apa yang akan dipakai, menginap dimana, siapa yang membayar ini dan itu. Bersikap demokratis diantara anggota keluarga dan hindarilah perdebatan yang tidak prinsipil.

Supaya liburan kali ini lebih menarik, bisa juga orang tua memberi tantangan kepada anak melalui pembagian tugas. Asalkan didelegasikan secara adil dan jelas maka pembagian tugas akan memudahkan bagi masing-masing anggota keluarga. Juga memunculkan kebanggaan pada diri anak anda karena dipercaya mengemban tanggung jawab oleh kedua orang tuanya. Misalnya jika pergi berempat, beri tugas masing-masing. Misalnya ada yang bertugas membuat jadwal, mengatur makanan, obat-obatan, mencari brosur atau voucher diskon hotel dan transportasi. Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan sebelum keberangkatan dan ditempat liburan juga penting. Jangan sampai liburan tidak berjalan baik karena kesehatan yang terganggu. Sebaiknya anda mempersiapkan kondisi fisik, makanan yang dibawa dan lindungi tubuh dari panas matahari atau sebaiknya suhu yang terlalu dingin. Sediakan juga kue-kue kecil pengganjal perut.

Jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi selama berlibur, terlebih bagi mereka yang akan berangkat ke luar negeri. Persiapan seperti perangkat gadget komunikasi hingga registrasi untuk roaming internasional agar nomor yang digunakan dapat digunakan di luar negeri. Anda memang bisa membeli nomor di negara tujuan, tapi cara ini akan merepotkan. Lagipula saat ini anda dengan mudah bisa menggunakan fasilitas roaming internasional menyusul penawaran dari provider yang ada di tanah air.

 

Menghemat Biaya Wisata Ke Luar Negeri

Liburan tentu membutuhkan uang untuk dibalanjakan. Apalagi ke tempat yang jauh seperti ke luar kota atau ke luar negeri. Sementara krisis finansial global yang kini tengah melanda tentu membuat orang harus memutar kepala lagi sebelum memutuskan untuk pergi berlibur. Untuk itu diperlukan siasat untuk menekan anggaran untuk menyiasati liburan di tengah krisis seperti sekarang, berikut ini beberapa idenya :

• Berlibur ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Hong Kong, Malaysia dan Thailand bisa lebih murah daripada berlibur ke Eropa atau Amerika.

• Menggunakan paket-paket liburan ekonomis dengan harga yang terjangkau. Misalnya paket tour jenis free and easy, dimana wisatawan cukup untuk membayar untuk tiket, hotel dan transportasi, selebihnya tinggal bagaimana seseorang bia mengatur koceknya.

• Mendapatkan tiket pesawat terbang jika pilihan tempat berwisata cukup jauh, bisa menjadi perkara yang cukup membuat kepala pening. Untuk reservasi jauh-jauh hari perlu dilakukan. Selain demi kenyamanan dan kepastian mendapat tempat duduk, hal ini menjadi upaya untuk menekan biaya perjalanan karena umumnya harga tiket yang dipesan jauh lebih murah. Beberapa maskapai penerbangan toh sudah membuka reservasi dengan harga bersaing ditambah berbagai program-program bonus menarik lainnya.

 
Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

 

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts