(Tanya Jawab) Dana Pendidikan Untuk anak

Dana-Pendidikan-Untuk-Anak-MRE“Dana Pendidikan Untuk anak”

Dana pendidikan merupakan hal utama yang dipikirkan oleh orang tua, karena pasti semua orang tua menginginkan pendidikan yang tebaik bagi putra-putrinya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik, diperlukan pula dana yang jumlahnya tidak sedikit. Lalu apa yang harus dilakukan untuk membuat perencanaan keuangan untuk pendidikan?

Tips sederhana untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak adalah dengan menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan kita untuk pendidikan anak. Angka tersebut adalah jumlah ideal, jadi bisa saja dikurangi atau bahkan lebih tergantung dari kebutuhan maupun kemampuan. Semakin lama kita menabung akan semakin bagus, karena berarti beban dana keluar dalam waktu singkat akan dicicil lebih panjang dan ringan lagi.

Untuk menghitung dengan lebih akurat berapakah dana yang harus disisihkan tiap bulannya, kita bisa melakukan perhitungan terbalik. Dengan inflasi biaya pendidikan yang rata-rata 20 % tiap tahunnya, semisal biaya untuk masuk di universitas idaman saat ini adalah 100 juta, maka bila usia anak kita sekarang 10 tahun, maka bisa dihitung dalam tempo 8 tahun lagi saat usia anak waktunya masuk universitas, berapakah jumlah dana yang dibutuhkan. Angka tersebut dibagi 8 tahun dan dibagi lagi 12 bulan, maka didapatkanlah besaran angka akurat yang harus ditabung oleh sang orang tua untuk dapat mengirim anaknya kuliah di universitas tersebut.

Membuat sebuah tabungan khusus bukanlah suatu kewajiban. Namun bila orangtua merasa kesulitan dan kurang disiplin dalam mengatur keuangan keluarga dalam artian uang yang sebenarnya dialokasikan untuk pendidikan anak sering tidak sengaja terpakai karena orangtua asik berbelanja atau memenuhi kebutuhan lainnya, akan lebih baik bila untuk dana pendidikan anak dibuatkan sebuah account tersendiri.

 

Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

Banyak sekali penawaran untuk membiayai pendidikan, ada yang berupa Tabungan Pendidikan adapula yang berupa Asuransi Pendidikan Lalu apa bedanya? Mana yang lebih baik?

Pada Tabungan pendidikan biasanya orangtua menabung dana pendidikan anaknya pada rekening bank atau instrumen investasi lainnya. Sementara pada asuransi pendidikan, orangtua akan menabung dana pendidikan anaknya pada produk asuransi jiwa. Kelebihan dari tabungan pendidikan adalah proses pembukaan accountnya lebih mudah daripada asuransi, karena tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan seperti halnya asuransi. Untuk pencairannya pun relatif mudah dapat dicairkan sewaktu-waktu, kecuali untuk tabungan pendidikan yang mengikuti suatu paket program khusus dari pihak bank.
Kekurangannya adalah bila dalam proses perjalanan menabung tersebut sang orangtua meninggal ataupun mengalami kejadian yang menyebabkan tidak bisa mencari nafkah dan menabung lagi, maka proses menabung akan terputus dan si anak terancam tidak bisa mendapatkan dana pendidikan sebesar yang direncanakan di awal.

Kelebihan dari asuransi pendidikan adalah ketika dalam proses perjalanan menabung tersebut sang orangtua meninggal ataupun tidak dapat mencari nafkah lagi, maka pihak asuransilah yang akan menggantikan peran tersebut.Kekurangannya adalah apabila produk asuransi yang dipilih basicnya Unitlink, maka ada kemungkinan ketika waktunya dana ditarik hasilnya tidak sesuai dengan ilustrasi kebutuhan.

Menyiapkan dana pendidikan anak tidak melulu harus dalam bentuk tabungan di bank atau asuransi pendidikan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keinginan dari orangtua. Produk – produk investasi bisa menjadi alternatif efektif untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Bisa seperti produk reksa dana, logam mulia ataupun produk lainnya. Bahkan ada pula yang ketika si anak masih balita, orangtua menyiapkan dana pendidikan anaknya dengan cara berinvestasi di perkebunan pohon Jati, dengan asumsi ketika anaknya nanti memasuki perguruan tinggi, kebun Jati tersebut sudah siap untuk dipanen. Apapun produk investasi yang dipilih, kita harus memahami konsep produknya serta skema untung rugi yang berjalan, sehingga jangan sampai ketika kita membutuhkan dana tersebut, hasil produk investasi yang menjadi tumpuan kita malah kurang memberikan hasil atau bahkan merugi.

Kapan kita harus menyiapkan Dana Pendidikan?

Menyiapkan tabungan untuk dana pendidikan anak akan lebih baik bila bisa disiapkan sejak dini. Bahkan bagi pasangan yang baru menikah dan belum dikaruniai momongan sekalipun, sebaiknya mereka mulai menabung untuk pendidikan anaknya. Tujuannya adalah agar beban dana pendidikan yang relatif besar ketika si anak mulai sekolah, bisa dicicil dari jauh hari sehingga akan meringankan bagi orangtua sendiri.

 

Penulis     : Andy Nugroho, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts