Layanan Private Banking yang Bonafid

Layanan Private Banking yang Bonafid

Layanan Private Banking yang Bonafid

Ibaratnya ruang tunggu penumpang pesawat di bandara, ada ruang tunggu biasa dan tersedia juga ruang tunggu VIP. Ruang tunggu biasa, umumya cukup terdiri dari deretan bangku yang berjejeran, itu saja. Ruang tunggu VIP, tentu saja berbeda. Ruangan yang sejuk, sofa-sofa yang empuk, televisi, makanan kecil nan lezat bahkan tersedia cocktail juga minuman anggur untuk pelepas dahaga, tambahan lagi  dilayani oleh para pamusaji yang cekatan. Semua kemewahan dan pelayanan bonafid ini diberikan untuk kenyamanan penggunanya. Walaupun sama-sama ruang tunggu tetapi keduanya berbeda, yang satu self service dan yang satu lagi fully service atau 1st clas service.

Bank pun sudah menerapkan konsep 1st Class Service ini kepada para nasabah utamanya, dengan kata lain nasabah dalam jumlah saldo rekening yang besar. Mereka adalah tipe nasabah yang tidak lagi berharap hanya sekedar bisa menyimpan uangnya di bank, tetapi juga membutuhkan pelayanan prioritas terhadap semua kebutuhan transaksi keuangannya. Terutama kebutuhan terhadap jasa pengelolaan harta kekayaan atau Wealth Management. Pengelolaan kekayaan menjadi isu yang semakin hari penting, sebab banyak orang berpenghasilan besar dan harta kekayaan yang besar, namun belum tahu bagaimana cara mengoptimalkannya. Kesibukan pekerjaan, terbatasnya waktu, minimnya pengetahuan terhadap produk-produk investasi dan sedikitnya pengalaman dalam berinvestasi, merupakan kendalanya akibatnya seringkali kesempatan mengembangkan harta kekayaan terlewati. Jangan kira punya uang banyak itu mudah, jika didiamkan saja kita bisa merugi, apalagi kalau salah mengelolanya. Bisa-bisa tambah rugi! Untuk nasabah dengan kebutuhan khusus ini Bank menyediakan pelayanan yang khusus pula yaitu Private Banking.

Private banking adalah layanan jasa perbankan eksklusif yang memberikan berbagai fasilitas khusus untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi perbankan sekaligus memberikan jasa konsultasi keuangan dan investasi bagi para nasabahnya. Dengan menjadi nasabah Private Banking, maka bukan saja segala urusan transaksi perbankan Anda dapat dilaksanakan lebih leluasa pada waktu, tempat serta kondisi yang semaksimal mungkin disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lebih dari itu Private Banking juga memberikan jasa perencanaan keuangan juga pengelolaan harta kekayaan secara pribadi.

Apa Bedanya Layanan Private Banking Ini Dibandingkan Layanan Bank Biasa?

Pada layanan bank biasa maka bank yang bersangkutan memberikan fasilitas layanan perbankan yang semua nasabah bisa memakainya, dengan demikian fasilitas ini berlaku masal sehingga seperti layaknya fasilitas umum terkadang Anda harus antri untuk menggunakannya atau menunggu sampai seorang customer service membantu Anda. Pada Private Banking maka para nasabahnya tidak perlu repot –repot antri karena diberikan jalur khusus bebas hambatan untuk melakukan transaksi perbankan, seperti disediakannya teller khusus yang hanya melayani nasabah private banking, ruang tunggu khusus yang eksklusif, tempat parkir khusus, bahkan jika Anda melakukan penarikan uang tunai dalam jumlah besar Anda bisa meminta Private Banking mengantarnya ke tempat Anda.

Ditinjau dari sisi produknya maka pada hakikatnya semua produk perbankan seperti tabungan, deposito, giro maupun produk pinjaman yang ada di Private Banking dengan yang ada di rekening biasa adalah sama saja hanya berbeda di pelayanannya dan negosiasinya. Namun disesuaikan dengan saldo rekening nasabah yang besar maka akses kepada produk-produk investasi juga semakin luas. Karena itu Private Banking juga menawarkan produk-produk investasi yang lebih variatif. Investasi orang-orang kaya, lebih tepatnya begitu.

Fasilitas Layanan Apa Saja Yang Diberikan Private Banking?

Sebagai nasabah yang diprioritaskan Anda berhak mendapat berbagai layanan & fasilitas khusus yang istimewa, antara lain :

– Untuk berbagai kebutuhan traksaksi perbankan, jasa perencana keuangan dan pengelolaan harta kekayaan, telah disedikan staf khusus yang biasa dikenal dengan para Personal Officer, Personal Banker atau Financial Advisor sebagai penasehat dan perencana keuangan.

– pembelian travel cek (TC) atau cek perjalanan tanpa biaya komisi.

– mendapatkan special rate untuk tabungan, deposito bahkan suku bunga pinjaman.

– Dapat melakukan transaksi jual beli mata uang asing berbagai negara dengan nilai kurs yang spesial (harga khusus).

– Bebas biaya administrasi untuk transaksi tertentu atau dengan harga khusus.

– Fasilitas pinjaman atau overdraft hingga 90% dari total deposito Anda.

– Mendapat tempat pelayanan eksklusif berupa ruangan pribadi, teller pribadi, tempat parkir pribadi yang dirancang secara lengkap dan mewah untuk kenyamanan Anda.

– Mendapat fasilitas kartu kredit Gold atau Platinum tanpa harus membayar iuran tahunan selama menjadi nasabah private banking.

– Memperoleh kartu ATM dengan maksimal penarikan maksimal Rp 10,000,000/hari, yang dapat digunakan juga sebagai diskon card di tempat-tempat eksklusif di seluruh dunia.

Siapa sajakah yang bisa menjadi nasabahnya?

Siapa saja bisa menjadi nasabah private banking asal memenuhi persyaratannya. Untuk bisa menjadi nasabahnya maka Anda harus membuka rekening dengan saldo minimal yang jumlahnya tertentu. Saldo minimal yang harus ada pada rekening private biasanya berkisar antara Rp 500 jt s/d Rp 2 milyar. Saldo minimal sebesar itu memang hanya bisa dipenuhi oleh segolongan orang saja. Karena itulah private banking memang sebenarnya ditujukan untuk orang–orang yang memiliki dana menganggur yang besar jumlahnya dan ingin agar dana tersebut lebih produktif. Dalam hal ini private banking dapat berperan sebagai pengelola dana tersebut.

Dalam Hal Apa Sajakah Fasilitas Jasa Konsultasi Keuangan Pada Private Banking dapat digunakan?

Jasa konsultasi keuangan yang dimaksud pada private banking adalah jasa perencanaan keuangan pribadi terutama dalam pengelolaan kekayaan dan investasi. Jadi bagi Anda yang memiliki dana menganggur dan ingin agar dana tersebut bertambah dan beranak pinak tanpa mau repot-repot, maka Anda dapat memberikan kuasa kepada private banking untuk bertindak sebagai pengelola investasi atau fund manager Anda. Sebagai fund manager maka Private banking akan menempatkan sejumlah dana yang Anda percayakan untuk ditempatkan ke produk-produk investasi seperti reksadana, saham, obligasi, SBI, asuransi, dan lain-lainnya sehingga menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Dalam hal pengelolaan dana nasabah di rekening Private Banking, Private Banking juga bisa diminta berlaku seperti layaknya fund manager pribadi untuk Anda. Caranya adalah, Anda memberikan kuasa kepada fund manager untuk memutar uang Anda pada produk–produk investasi tertentu dan setiap bulannya Anda akan menikmati pembagian keuntungan sekian persen yang dijanjikan atau tergantung negosiasi. Tetapi jika Anda belum mempercayai kemampuan Private Banking untuk menempatkan dana Anda pada produk-produk investasi sesuai dengan instruksi dari Anda.

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts