Membeli Rumah Sebelum Launching

Membeli-rumah-sebelum-launching-MRE“Membeli Rumah Sebelum Launching”


Memiliki rumah alias membeli rumah baik sebagai tempat untuk ditinggal maupun sebagai investasi merupakan tujuan keuangan bagi setiap keluarga.  Saat ini banyak dijumpai berbagai penawaran rumah & apartemen, tidak sedikit yang menawarkan penjualan rumah bahkan sebelum bangunan dibuat atau istilahnya “Pre Launch”.

 

Apakah menguntungkan membeli rumah saat Pre Launch?

Membeli rumah sebelum di launching alias pada masa pre launch boleh-boleh saja. Plusnya adalah pasti konsumen mendapatkan harga paling bagus (baca : harganya masih murah), sehingga bila tujuannya adalah untuk investasi ataupun dijual lagi maka ia bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Minusnya adalah biasanya pada masa pre-launch bangunan belum berdiri, bahkan lahannya saja bisa jadi belum diapa-apakan oleh developernya. Sehingga bagi sebagian orang hal ini dirasa kurang nyaman dan menjadi berkurang kepercayaannya terhadap apa yang hendak ia beli. Kekurangan lainnya adalah masa pembangunan rumah/property terkadang membutuhkan waktu yang relatif lama dan bahkan seringkali molor dari waktu yang sudah dijanjikan, sehingga konsumen harus ekstra sabar untuk melihat properti yang dibelinya berdiri, apalagi bila rumah tersebut hendak dijadikan sebagai rumah tinggalnya.

Biasanya ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara harga penawaran saat Pre Launch dengan sesudah Launch. Karena pihak developer pastinya ingin memberikan image juga bahwa properti yang mereka tawarkan sangat baik sebagai tempat berinvestasi, sehingga mereka akan terus menaikkan harga jualnya.

 

Dimana mendapatkan informasi mengenai property yang ditawarkan sejak Pre Launch?

Beberapa developer saat ini bahkan sudah mulai menawarkan property yang dijualnya sejak masa pre-launch. Biasanya property tersebut diiklankan baik lewat media massa maupun spanduk-spanduk iklan yang dipasang di titik-titik strategis di perkotaan. Hal ini memudahkan kita apabila hendak hunting rumah yang masih dalam masa pre-launch. Atau bila waktu untuk berkeliling mencari property terbatas, rajin-rajin saja browsing di situs-situs jual beli di internet. Akan ada postingan – postingan yang menawarkan berbagai macam properti, tinggal kita pilih saja yang sesuai keinginan kita. Perluas juga relasi kita dengan berteman dengan orang-orang yang memiliki usaha developer property. Biasanya bila ada proyek pembangunan rumah yang mereka kerjakan, mereka terlebih dahulu akan menawarkan ke teman-temannya sebelum dibuka ke publik.

 

Apa saja tips pada saat membeli rumah Pre Launch?

Sebelum membeli rumah dalam masa pre-launch, cari tau dahulu track record developernya. Pastikan juga segala macam dokumen perjanjian jual-belinya lengkap. Simpan dengan baik dokumen-dokumen tentang fasilitas-fasilitas yang dijanjikan akan dibangun dan diberikan oleh developer, sehingga kita bisa klaim bila terjadi perbedaan antara yang dijanjikan dengan keadaan ketika jadi. Hal ini untuk menghindari kita tertipu oleh developer nakal.

 

Penulis     : Andy Nugroho, CFP.
Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts