Mempersiapkan Dana Liburan

  • December 29, 2014
  • Tips

“Mempersiapkan Dana Liburan”

Mempersiapkan-dana-Liburan-MRE

Musim liburan anak sekolah sudah dekat, bagi Anda para orang tua tentu sudah bersiap-siap menghadapi masa liburan ini. Apakah dana liburan anda juga sudah siap ?

 

Ada yang sudah mempunyai rencana untuk mengajak anak anaknya pergi ke tempat wisata baik di luar negeri maupun  dalam negeri. Atau masih ada yang bingung, kemana Anda beserta keluarga hendak berlibur. Tapi kemanapun tujuannya, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan ini, misalnya jatah cuti Anda, atau bila anda memiliki usaha sendiri apakah bisa ditinggal atau tidak.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk liburan singkat ini. Mulai dari menginap saja di hotel didalam kota – hingga berjemur dipantai yang indah menikmati matahari. Apapun jenis liburan yang Anda pilih, nikmatilah tanpa rasa khawatir. Kunci liburan yang sukses adalah perencnaan anggaran liburan yang tepat. Nikmati liburan yang bebas bencana dengan mematuhi anggaran liburan yang sudah ditetapkan.

 

 “Baca juga artikel tentang merencanakan liburan yang produktif

 

 

Darimana Mendapatkan Dana Liburan?

Liburan sekolah anak di negara kita selalu jatuh dipertengahan tahun, karena itu jika waktu liburan sudah bisa diperkirakan maka sebenarnya mempersiapkan dana liburan dengan menabung secara rutin bulanan pada bulan-bulan sebelumnya akan meringankan beban Anda, daripada harus menyediakan secara sekaligus atau harus tersedia mendadak. Karena itu sebaiknya persiapkanlah dana liburan jauh-jauh hari sebelumnya.

Buat Anda yang sudah memiliki sejumlah dana liburan yang cukup digunakan untuk liburan kali ini, maka tinggal merencanakan anggaran pengeluaran apa saja selama liburan nanti. Buat Anda yang belum memiliki dana liburan, namun belum memiliki dananya, maka segeralah memutuskan dari mana dana yang akan anda gunakan untuk berlibur, apakah dari gaji atau jika Anda pengusaha, mungkin bisa dipakai dari pemasukan bulan ini. Anda bisa juga menarik sejumlah dana dari tabungan Anda yang menganggur. atau mencairkan sejumlah kecil deposito. Tetapi ingat, setelah liburan usai mulailah mengisi kembali tabungan atau deposito yang berkurang tadi secara bertahapdii bulan-bulan berikutnya.

 

Mempersiapkan Dana Liburan

Mempersiapkan anggaran liburan bukanlah sebuah hal yang sulit, tergantung keputusan kita mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan besarnya dana, antara lain :

1.    Daerah tujuan liburan. Daerah tujuan liburan terbagi 2, yaitu luar negeri dan dalam negeri. Sudah pasti bila tujuannya ke luar negeri dana yang dibutuhkan harus lebih besar daripada liburan di dalam negeri, walaupun sedang terjadi demam maskapai penerbangan murah yang baru saja memasuki pasar penerbangan di Indonesia. Selain itu bila anda ingin pergi ke luar negeri, anda harus menyediakan biaya fiskal, yang besarnya cukup lumayan, apalagi bila anda pergi sekeluarga.

2.    Lamanya liburan Semakin lama anda pergi berlibur, tentu semakin besar pula dana akomodasi yang Anda butuhkan  Biaya akomodasi ini antara lain :
–    Kebutuhan makan dan minum. Perkirakan dengan seksama, berapa besar dana yang akan anda gunakan untuk makan dan minum perhari (makan pagi, siang,dan malam) untuk semua anggota keluarga, kemudian kalikan dengan jumlah berapa hari anda menginap. Buatlah sedikit lebih besar, karena mungkin ini yang pertama kalinya bagi anda mengunjungi daerah tersebut, sehingga anda kurang mengetahui harga makanan dan minuman di sana.
–    Biaya transportasi dan tempat wisata Yang dimaksud transportasi di sini adalah bukan transportasi anda waktu berangkat, tetapi transportasi yang anda butuhkan saat di daerah itu (kalau anda ikut paket wisata agen perjalanan wisata, anda tidak perlu memikirkan biaya ini, atau tetap dianggarkan tapi tidak perlu terlalu besar). Kalau anda memang tidak pergi terlalu jauh dan menggunakan mobil pribadi, tetap siapkan anggaran untuk bensin, tol atau uang parkir. Tetapi kalau anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, siapkan dana, mungkin untuk sewa mobil, naik kendaraan umum atau taksi. Kemudian biaya masuk ke tempat tujuan wisata di sana, juga harus anda anggarkan.

3.    Tempat menginap. Apakah Anda akan menginap di hotel, menyewa villa, cottage, atau di rumah sanak saudara. Besar kecilnya biaya penginapan tentunya bervariasi dan tentunya bisa disiasati. Penginapan yang terbaik di kota kecil pasti tidak semahal di kota besar. Sebaliknya hotel bintang 4, binatang 3, atau hotel biasa di kota besar harganya cukup kompetitif dan pelayanannya cukup memuaskan. Jika anda membawa keluarga besar maka daerah wisata yang banyak menyedikan villa atau cottage bisa jadi lebih hemat untuk Anda.

4.    Transportasi. Pemilihan transportasi yang tepat akan membantu anda mengurangi pengeluaran yang terlalu besar, contohnya kalau anda menggunakan kereta api, belum tentu lebih murah jika anda menggunakan pesawat. Hal ini disebabkan karena semakin terjangkaunya harga tiket pesawat, kemudian karena pesawat lebih cepat, akan memudahkan anda terlebih bila anda yang membawa anak yang masih kecil. Semakin cepat anda sampai, semakin cepat anda dapat beristirahat. Nah, carilah informasi mengenai pilihan transportasi apa saja untuk menuju daerah tujuan liburan Anda, agar Anda bisa memilih yang terbaik sesuai dengan anggaran

 

Tips Menjalankan Dana Liburan :

•    Pisah-pisahkanlah uang saku sehingga Anda tidak perlu puasa karena uang makan terpakai untuk belanja

•    Jangan bernafsu untuk membelikan semua orang oleh-oleh. Buatlah daftar nama orang-orang yang akan Anda beri oleh-oleh. Carilah oleh-oleh yang sederhana tapi khas tempat yang Anda kunjungi, tidak perlu mahal tapi unik Anda bisa anggarakan pos pengeluran oleh-oleh ini tersendiri dalam anggaran liburan Anda sehingga tidak mengganggu pengeluaran lainnya

•    Kendalikan penggunaan kartu kredit. Seringkali kita lupa diri kalau sudah menggesek, kita lupa bahwa kita hanya menunda pembayar bukan belanja gratis. Gunakan kartu kredit dengan bijaksana

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts