Menghitung Biaya Pensiun Sejak Dini

“Menghitung biaya pensiun sejak dini”

menghitung-biaya-pensiun-sejak-dini-MRE

Pernahkah anda melihat ada seseorang yang secara usia telah memasuki masa pensiun namun tetap harus bekerja dengan keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya?. Yup seringkali kita melihat fenomena dimana masa pensiun yang seharusnya identik dengan hal–hal menyenangkan seperti menghabiskan masa tua dengan tenang, bersantai bermain dengan cucu, tapi justru harus diisi dengan bekerja yang tidak kalah kerasnya seperti saat usia produktif, padahal tenaga dan kecekatan yang ada mungkin sudah jauh berkurang. Hal seperti itu bisa saja terjadi apabila kita kurang cermat dalam mempersiapkan dan menghitung biaya pensiun, padahal mungkin disaat kita pensiun masih ada anak yang belum selesai sekolah ataupun belum bekerja, sehingga masih menjadi tanggungan kita secara finansial. Masa pensiun memang bukan sesuatu hal yang menarik untuk dibicarakan, namun suka atau tidak suka kita tidak bisa menghindarinya karena memang ia pasti akan datang pada kita.

Semisal usia pensiun adalah 55 tahun dan usia harapan hidup sampai 75 tahun, maka bagi kita yang saat ini berusia 35 tahun harus lebih cermat dan serius mempersiapkan dana dalam waktu 20 tahun sisa usia produktif kita agar dalam kurun waktu yang sama panjangya setelah kita pensiun kita tetap bisa hidup dengan layak. Maka dari itu waktu yang paling tepat untuk mempersiapkan biaya pensiun kita adalah saat kita mulai memasuki dunia kerja. Dan bila kita sudah beberapa tahun ini bekerja, waktu kedua yang tepat untuk mempersiapkannya adalah saat ini. Bagi anda yang bekerja sebagai PNS ataupun bekerja di perusahaan yang memberikan uang pensiun kepada pegawainya, uang pensiun ini akan cukup membantu, namun perlu diingat bahwa jumlahnya pasti akan dibawah angka yang dulu anda terima ketika masih aktif bekerja.

Seandainya coba kita hitung menggunakan kalkulator dana pensiun, maka simulasinya adalah semisal diusia saat ini 35 tahun, pengeluaran kita perbulannya 10 juta dan nanti setelah pensiun pengeluaran kita hanya akan 70%nya yaitu 7juta, asumsi angka inflasi 6 %, maka dana yang kita butuhkan untuk tetap bertahan hidup selama 20 tahun sejak memasuki usia pensiun adalah sebesar 3,275 M. Bila dari saat ini kita usia 35 mulai menabung 1juta untuk dana pensiun kita, ternyata ketika nanti di usia 55 tabungan kita baru ada 527 juta, yang artinya kita masih butuh sekitar 2,7 M untuk biaya pensiun agar gaya hidup kita tidak terjun bebas.

Maka dari itu untuk mempersiapkan agar kita bisa menjalani masa pensiun dengan nyaman sesuai perhitungan angka yang dibutuhkan, kita harus bisa mengoptimalkan pemasukan kita dengan memutar uang yang kita miliki di instrumen-instrumen investasi yang ada. Bisa itu lewat sektor produk perbankan, instrumen di pasar modal, investasi properti, ataupun investasi di logam mulia. Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menjadi entrepreneur atau memiliki usaha bisnis. Usaha bisnis ini sebaiknya sudah mulai anda rintis jauh hari sebelum memasuki usia pensiun, agar bila anda mengalami kegagalan di suatu bisnis dan hendak berpindah ke bisnis lainnya, uang pensiun anda tidak tergerus sebagai modal kerja.

Selamat mempersiapkan dan menghitung biaya pensiun anda !

 

Andy Nugroho, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts