Mengoptimalkan Anggaran Liburan Sekolah

Mengoptimalkan-Anggaran-Liburan-Sekolah-MRE“Mengoptimalkan Anggaran Liburan Sekolah”

 

Anggaran liburan haruslah dipersiapkan dari awal, karena liburan selalu di nanti oleh buah hati kita …

Mengisi liburan sekolah anak dengan berbagai kegiatan positif sebenarnya tidak sulit. Untuk itu   dibutuhkan kerjasama  anak  bersama  orang tua agar liburan sekolah menjadi optimal . Jangan sampai waktu libur yang amat berharga ini terlewat begitu saja dengan kebosanan main game,  menonton televisi, atau nongkrong di mall seharian .

Boleh saja bermalas-malasan sejenak melepaskan kepenatan rutinitas harian setelah sekian lama di jejali kurikulum sekolah yang amat padat.  Namun ada baiknya orang tua mendorong anak untuk melakukan berbagai kegiatan hiburan yang juga disisipi hal-hal yang positif.  Yang pasti , berbagai akitifitas  liburan sekolah anak  hampir selalu membutuhkan sejumlah dana dari orang tua. Tantangannya, bagaimana orangtua dapat mengubah liburan sekolah anak yang identik dengan biaya tinggi menjadi kegiatan  yang berdampak investasi.  Artinya dana yang anda tanam untuk mengisi liburan sekolah anak pada akhrinya membuat anak kembali bersemangat ke bangku sekolah menghadapi tahun ajaran baru. Dan itu merupakan return yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan

 

Rencana Orang Tua VS Rencana Anak

Rencana buruk adalah rencana yang sudah dibuat namun tidak di jalankan. Jadi jika anda memiliki rencana untuk mengisi liburan sekolah anak, pastikan mereka bersemangat menjalankannya. Sebab hal terbaik  yang bisa kita berikan kepada anak dalam liburan sekolah adalah gairah berlibur itu sendiri. Semangat ini akan lenyap dengan cepat begitu anak mengetahui bahwa mereka memiliki waktunya  namun tidak hak gunanya. Sama seperti ketika  mereka mendapat hadiah uang dari neneknya , dan dengan segera anda meminta mereka menabungnya. Anak-anak akan berpikir, bahwa uang atau liburan hanyalah sebuah ilusi yang diberikan orang dewasa, bukan milik mereka.

Jangan kira anak-anak tidak tahu apa yang mereka inginkan, hanya saja jika itu bukan keinginan orang tua – maka itu di vonis bukan keinginan anak. Konsep begini tidak akan pernah berhasil pada anak pra remaja, remaja dan pra dewasa. Walaupun mereka darah daging kita sendiri namun anak-anak adalah juga  individu yang berbeda.  Daripada diposisikan sebagai pihak yang suka main  hakim sendiri,  berteman dengan anak.  Jadilah  sobat dan teman curhat yang boleh saja tidak setuju dengan mereka tapi bisa diajak kompromi.

Jadi tidak perlu iri jika anak-anak anda lebih senang mendengarkan temannya daripada di ceramahi oleh anda . Sebaliknya ini akan membantu anda merancang kegiatan liburan sekolah, sebab kemungkinan anak anda menginginkan liburan sama seperti teman-temanya. Jadi , angkat telpon dan putar nomor orang tua sahabat karib anak anda (saya harap anda tahu ),  dan  mulailah berburu informasi tentang liburan sekolah mereka.  Anda tidak harus berlibur bersama atau  mengikuti gaya liburan mereka, yang penting  adalah keinginan anak anda dan bagaimana berkompromi dengan aspirasi serta anggaran anda.

 

Anggaran Liburan Sekolah 

Tidak punya rencana liburan adalah rencana liburan sekolah terburuk. Kebalikan dari para penganut aliran spontanitas dan falsafah hidup mengalir seperti air. Dalam segala sesuatu yang membutuhkan uang untuk melakukannya, adalah bencana jika anda tidak merencanakannya. Intinya kebebasan memiliki harga, artinya anda bisa bersikap spontan dalam liburan sekolah  selama ada budgetnya.

Liburan sekolah bisa menjadi sarana liburan sekeluarga bisa tidak. Misalnya  sekolah kebetulan mengadakan acara study tour, pesantren kilat atau anak anda  lebih memilih berlibur bersama teman-temannya  tanpa didampingi anda. Bagaimanapun gaya liburannya   mempersiapkan anggaran liburan sekolah adalah keharusan untuk anak dan orang tua agar dapat memperhitungkan biayanya.  Adapun besar kecilnya anggaran liburan akan berkaitan dengan beberapa hal , antara lain :

  1. Jarak tempat  tujuan liburan. Daerah tujuan liburan terbagi 3, yaitu di dalam kota, di luar kota dan ke  luar negeri. Makin jauh jaraknya makin mahal biaya liburannya. Misalnya liburan ke luar negeri akan membuat mengeluarkan biaya ekstra seperti fiskal yang besarnya cukup lumayan. Asyiknya berkunjung ke negara asing menjadi cara efektif untuk menjajak kemampuan berbahasa asing dan mengalami sendiri pergaulan internasional
  2. Lamanya liburan Semakin lama pergi berlibur, makin besar pula dana penunjang aktifitas  liburan yang dibutuhkan,  antara lain : (a) Lamanya menginap ; (b) Makan dan minum (makan pagi, siang,dan malam) ; (c) Biaya transportasi selama jalan-jalan di tempat berlibur  (d) Tiket masuk ke tempat wisata ; (e) uang saku
  3. Tempat menginap. Besar kecilnya biaya penginapan tentunya bervariasi dan tentunya bisa disiasati. Pilihannya mulai dari  menginap di hotel, menyewa villa, cottage, atau di rumah sanak saudara.
  4. Transportasi pulang balik. Untuk jarak jauh, paling nyaman menggunakan pesawat, namun kereta, bis atau mobil pribadi lebih ekonomis. Intinya bukan transportasi apa yang paling murah tetapi mana yang paling nyaman sesuai budget.
  5. Berapa orang jumlah orang yang biaya liburannya anda tanggung. Makin banyak yang ikut yang biaya liburannya anda tanggung, makin besar anggaran liburan anda

 

Tips Menjalankan Anggaran Liburan

Dompet yang kebobolan saat berlibur, malah membuat kepala pusing. Supaya tidak terjadi hal seperti itu beberapa tips berikut ini bisa dicoba :

  • Berilah uang saku tersendiri untuk anak selama di tempat liburan, agar dia dapat memutuskan oleh-oleh apa yang ingin dibeli tanpa merengek-rengek pada anda. Bicarakan jatah uang saku ini sebelum berangkat agar anak dapat menetapkan prioritas penggunaannya.
  • Jangan bernafsu untuk membelikan semua orang oleh-oleh . Buatlah daftar nama orang-orang yang akan Anda beri oleh-oleh. Carilah oleh-oleh yang sederhana tapi khas tempat yang Anda kunjungi, tidak perlu mahal tapi unik. Anda bisa anggarakan pos pengeluaran oleh-oleh ini tersendiri dalam anggaran liburan Anda sehingga tidak mengganggu pengeluaran lainnya
  • Mengandalkan kartu debet atau membawa uang tunai dalam jumlah besar selama liburan, terlalu berisiko. Rencanakan mana transaksi yang bisa menggunakan uang tunai, dan bayarlah sisanya menggunakan kartu kredit. Kartu kredit terutama sangat berguna untuk kemudahan berbagai pembayaran saat liburan di luar negeri. Namun kendalikan penggunaannya agar sesuai anggaran liburan anda.

 

Sekian tips mengoptimalkan anggaran liburan sekolah dari kami, semoga liburan anda makin sempurna dengan adanya anggaran yang telah dipersiapkan sebelumnya .

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blogv

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts