Pegadaian Sebagai Sumber Dana Cepat

Pegadaian Sebagai Sumber Dana Cepat

Pegadaian-Sebagai-Sumber-Dana-Cepat-MRE

 

Butuh dana cepat? Nah daripada pinjam sana sini belum tentu dapat dapat, mengapa tidak Anda coba menggunakan jasa pegadaian. Pegadaian adalah tempat meminjam uang dengan cara menggadaikan barang berharga Anda. Tanpa barang yang digadaikan maka permohonan pinjaman Anda tidak bisa diberikan. Prinsipnya ada  barang ada uang. Mudah sekali bukan, dengan proses instant ini maka siapapun boleh meminjam uang dari pegadaian. Begitu barang diserahkan maka pada hari yang sama Anda langsung bisa mendapatkan pinjamannya. Sesuai dengan mottonya, pegadaian memang “Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah”. Pegadaian memberikan alternatif yang mudah, aman, murah dan fleksibel bagi siapapun yang membutuhkan pinjaman cepat.

 

Proses Mengajukan Pinjaman Di Pegadaian

Pegadaian merupakan lembaga perkreditan dengan sistem gadai saat itu juga di tempat, dengan menggunakan barang jamianan. Jenis barang yang dapat diterima sebagai jaminan antara lain :
Perhiasan emas, batu permata dan logam mulia lainnya.
– Barang elektronika, TV, kulkas, mesin cuci, blender, mixer, computer, HP.
– Barang pecah belah, guci antik, peralatan makan, tea set.
– Mesin jahit, mesin kapal.
– Berbagai macam textile, kain batik kuno, permadani.

Prosedur pengajuan pinjaman cukup mudah. Anda cukup mendatangi kantor pegadaian terdekat, langsung ke loket penaksir dan menyerahkan barang yang akan dijadikan jaminan dengan membawa KTP atau surat kuasa dari pemilik barang. Barang jaminan tersebut akan diteliti kualitasnya oleh penaksir untuk menetapkan berapa besarnya uang pinjaman yang akan Anda terima. Selanjutnya kasir akan memberikan uang pinjaman kepada Anda beserta bukti surat gadai. Jumlah nilai pinjaman Anda akan digolongkan untuk menentukan tingkat bunga yang akan ditanggung.

Tingkat bunga pegadaian saat ini adalah sebagai berikut :

1. Pinjaman golongan A (Rp 20.000,- s/d Rp 40.000,-), tingkat suku bunga 1.25% per 15 hari.
2. Pinjaman golongan B (Rp 40.500,- s/d Rp 150.000,-), tingkat suku bunganya 1,25% per 15 hari.
3. Pinjaman golongan C (Rp 151.000,- s/d Rp 500.000,-), tingkat suku bunganya 1.75% per 15 hari .
4. Pinjaman golongan C (Rp 505.000,- s/d Rp 20 juta,-), tingkat suku bunga yang diberikan 1,75% per 15 hari. Beberapa kantor cabang pegadaian bisa memberikan pinjaman diatas Rp 20 juta dengan tingkat bunga yang sama.

Jangka waktu pelunasan pinjaman maksimal adalah 120 hari atau 4 bulan. Anda bisa mengajukan jangka waktu pinjaman per 15 hari atau kelipatannya, sehingga perhitungan bunga berikutnya berdarkan sisa saldo pinjaman. Anda juga bisa mengajukan pinjaman dengan jangka waktu pelunasan satu kali saja, atau langsung dibayar pada bulan ke 4. Bunga yang diberikan untuk jangka waktu pinjaman 4 bulan adalah 14 % per 4 bulan. Adapun besarnya pinjaman untuk masing-masing golongan pinjaman berkisar sekitar 80% dari nilai taksir barang jaminannya. Anda boleh melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, dan tidak dikenakan penalty namun tetap diperhitungkan perhitungan bunga berjalannya.

Namun jika sampai tanggal jatuh tempo pinjaman, Anda belum bisa mengembalikan hutang Anda, jangka waktu pinjaman masih dapat diperpanjang maksimal 1 bulan lagi. Jika sampai bulan ke 5 Anda belum bisa mengembalikan pinjaman, maka barang akan dilelang pada bulan ke 5.

Jasa lainnya dari Pegadaian

Selain memberikan pinjaman, Pegadaian juga menawarkan jasa taksiran (appraisal services) kepada orang yang ingin mengetahui keaslian perhiasan emas atau berliannya. Pegadaian juga menawarkan jasa penitipan barang atau surat berharga , barang-barang titipan ini pun dijamin asuransi . Selain itu pegadaian juga terkenal dengan jasa menjual koin emas ONH , dan saat ini bahkan pegadaian memiliki toko-toko emas sendiri.

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Source Link : Pegadaian Sebagai Sumber Dana Cepat, Pegadaian Sebagai Sumber Dana Cepat
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts