Perlukah Asuransi Kesehatan Jika Sudah Punya BPJS ?

Sekarang ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang  mengenal BPJS Kesehatan. Sebanyak lebih dari 200 juta orang terdaftar sebagai peserta pada akhir 2018 (sumber : Kontan).  Dengan berbagai kemudahan untuk mengakses layanan kesehatan, menjadikan BPJS sebagai pilihan utama bagi masyarakat untuk jaminan kesehatannya.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah “perlukah tambahan Asuransi Kesehatan jika sudah menjadi peserta BPJS?”. Bagaimana dengan Asuransi Kesehatan pribadi yang sudah dimiliki sebelumnya, apakah tidak menjadi mubazir?

Sebenarnya hal ini tergantung dari keinginan dan kemampuan finansialnya. BPJS sudah cukup lengkap dalam meng cover berbagai jenis penyakit, dengan iuran yang relatif ringan. Akan tetapi untuk level kenyamanan pelayanan tertentu dirasa masih kurang, sehingga jika mampu untuk membayar sejumlah premi  dan peduli dengan kenyamanan, tidak ada salahnya untuk membeli Asuransi Kesehatan tersendiri.

Jika takut bahwa premi yang kita bayarkan untuk Asuransi Kesehatan pribadi menjadi sia-sia, jangan khawatir karena saat ini ada mekanisme CoB (Coordination of Benefit) di mana BPJS dan asuransi swasta dapat saling berbagi manfaat. Dengan CoB masyarakat dapat menggunakan dua asuransi yaitu BPJS Kesehatan dan asuransi swasta, tanpa harus khawatir terjadi klaim ganda atau kerumitan dalam pengajuan klaim manfaat. Syaratnya adalah BPJS dan asuransi komersial harus melakukan CoB. Nantinya, BPJS Kesehatan bisa menjadi pembayar klaim utama, sementara asuransi komersial sebagai sekunder atau pendukung. Dalam prakteknya, jika ada klaim dari peserta, BPJS akan membayar klaim sampai dengan besaran yang dicakup oleh BPJS dan asuransi swasta akan menutup sisanya sesuai dengan besaran yang ditanggung.

Coba cek kembali apakah Asuransi Kesehatan yang ada termasuk dalam perusahaan asuransi yang memiliki CoB dengan BPJS?

Penulis

 

 

 

 

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. Kemandirian Finansial, Blog : Kemandirian Finansial Blog
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,

 

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts