(Tanya Jawab) Liburan Akhir Tahun

“Liburan Akhir Tahun”

Liburan-akhir-tahun-MRE

Pada liburan akhir tahun,

kami sekeluarga menyempatkan diri pergi untuk merayakan tahun baru. Saya sih selalu buat anggaran khusus untuk liburan, herannya tiap kali liburan saya selalu kehabisn uang disana. Masalahnya banyak saudara dan teman yang nitip minta dibelikan ini itu, terutama kalau liburan ke luar negeri. Kami sering keluar biaya tambahan sebab bagasi yang overweight. Ini bikin saya pusing. Saya belum mempunyai rencana untuk liburan akhir tahun ini, Nah mumpung masih ada waktu sebulan lagi, saya minta  saran  acara liburan yang berbeda dan yang penting nggak boros.

Alex Wijaya
Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Jawab :

Halo pak Alex,

Acara liburan memang identik dengan acara belanja, tidak heran jika tiap liburan tetangga kiri kanan nitip beli ini itu. Anggapan mereka, Anda akan menghabiskan waktu liburan disana dengan belanja. Mending kalau ngasih uangnya, malah kita yang mesti nalangin. Kalau begitu tetapkan saja peraturan liburan tahun ini “ ada uang ada barang!” atau “ Kami mau liburan bukan belanja”,  sehingga Anda tidak perlu keluar biaya ekstra. Menerapkannya memang gampang-gampang susah. Namun keberatan Anda akan dimaklumi justru jika Anda bersedia mengungkapkannya. Orang tidak tahu jika Anda tidak kasih tahu kan? Percayalah,  tali persaudaraan tidak putus karena hal seperti ini. Lain halnya jika ingin membawa oleh-oleh untuk mereka, berarti tinggal mengatur anggarannya saja.

Liburan memang saat untuk bersenang-senang, tapi kesenangan itu bisa tiba-tiba menjadi mimpi buruk jika uang saku Anda habis di tengan jalan.

 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan akhir tahun tanpa merasa khawatir, yaitu :

1.    Gunakan jasa travel agent. Membuat rencana perjalanan sendiri  bisa jadi lebih murah dibandingkan memakai jasa travel agent. Namun kalau Anda berlibur ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, apalagi membawa keluarga,  ada baiknya kalau Anda memanfaatkan paket tur yang ditawarkan oleh biro perjalanan. Dengan mengikuti paket tur, selain lebih nyaman & aman, Anda biasanya akan terhindar dari pemborosan waktu dan biaya yang disebabkan karena ketidaktahuan Anda tentang tempat-tempat wisata yang ada di tempat liburan.

2.    Pisah-pisahkanlah uang saku sehingga Anda tidak perlu puasa karena uang makan terpakai untuk belanja. Sebaiknya jangan tukar semua uang Anda dengan mata uang setempat. Tukarkan seperlunya dan gunakan dengan hemat. Travelers cheque bisa dijadikan salah satu alternatif. Selain lebih aman daripada uang tunai, sebab bisa minta penggantian jika hilang. Anda juga tidak bisa menggunakannnya di sembarang tempat sehingga membantu Anda untuk berhemat.

3.    Jangan malas untuk mengumpulkan uang kembalian berupa koin dalam mata uang asing. Tidak seperti koin rupiah  yang dianggap nilainya tidak seberapa, koin dolar atau euro nilainya tinggi. jika dikumpulkan koin-koin  tersebut bisa digunakan untuk membeli makanan kecil atau bahkan oleh-oleh.

4.    Sesekali kunjungilah pasar tradisional yang biasa dikenal dengan Sunday market atau Flea market. Ditempat seperti ini biasanya kita menemukan benda-benda unik & lucu. Meskipun tempatnya tidak senyaman kalau Anda berbelanja di superstore, tapi dipasar kaget ini Anda bisa menawar harga.

5.    Jangan bernafsu untuk membelikan semua orang oleh-oleh. Buatlah daftar nama orang-orang yang akan Anda berikan oleh-oleh. Carilah oleh-oleh yang sederhana tapi khas tempat  yang Anda kunjungi tidak perlu yang mahal tapi unik.

6.    Perhitungkan selalu berat belanjaan Anda. Jika memungkinkan timbanglah koper sebelum pulang . Jangan sampai merugi  terkena biaya overweight yang seringkali tidak masuk akal, karena kadang lebih mahal dari belanjaan yang tidak seberapa harganya.

7.    Gunakan  kartu kredit dengan bijaksana. Berada jauh dari rumah tentu membutuhkan persiapan finansial yang matang. Sebab ada-ada saja biaya tak terduga di jalan. Lagipula sungguh riskan jika terlalu banyak membawa uang tunai. Jadi persiapkan kartu kredit Anda , dan pastikan limit kreditnya tersedia dan bisa dipakai. Namun gunakanlah untuk keadaan darurat saja atau ketika harus membayar transaksi dalam jumlah besar. Untuk sekedar belanja atau pengeluaran yang kecil-kecil bayarlah dengan uang tunai.

 

Ciptakan Liburan Akhir Tahun yang Berbeda

Jika tiap tahun Anda liburan ke luar negeri atau ke luar kota, cobalah sesekali merayakan liburan akhir tahun alias tahun baru di rumah.  Apalagi stasiun TV pasti menyuguhkan acara-acara spesial di malam tahun baru. Supaya malam tahun baru Anda dan keluarga sukses , sediakanlah  makanan kecil yang banyak dan bervariasi. Sebab adanya makanan camilan akan mengurangi keletihan dan kebosanan duduk di depan TV berjam-jam sambil menunggu tahun baru. Namun  jangan mengandalkan acara TV, menyediakan sendiri film-film baru atau film lama kegemaran Anda, akan menambah hangat  suasana.

Supaya suasana lebih meriah, Anda bisa mengundang saudara ,tetangga, teman dan kalau perlu bikin acara barbecue bersama. Ngobrol dan begadang semalam suntuk sambil memanggang ikan, daging, sea food atau jagung, bersama mereka adalah cara menghabiskan tahun baru  yang penuh keakraban.  Anda tidak berada di suatu tempat yang asing melainkan bersama orang-orang yang Anda  kenal dan banyak berarti bagi Anda dan keluarga. Jangan lupa foto-foto atau rekaman videonya dan tentu saja..terompet tahun baru.  Masalah biayanya bisa disiasati, jika jumlah orangnya terlalu banyak, maka Anda bisa mengusulkan untuk patungan saja.  Dengan demikian, akan membantu meringankan biaya yang Anda keluarkan.

Tahun baru tidak harus dirayakan dengan liburan ke luar. Di rumah pun Anda bisa mendapatkan suasana liburan yang berkualitas. Sisa waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ulang rumah , kamar si kecil, mengganti wall paper dan lain sebagainya. Mengerjakan hobi Anda  yang tidak sempat dilakukan dihari biasa bisa menjadi sarana refreshing juga, atau berwisata ke tempat bersejarah di kota Anda yang belum pernah Anda kunjungi. Selamat merayakan tahun baru.

Selamat liburan akhir tahun, semoga liburan anda menyisakan sejuta manfaat untuk menghadapi hari – hari berikutnya.

 

Salam,

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

 

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts