(Tanya Jawab) Menilai Kelayakan Tempat Usaha Cuci Mobil

Menilai Kelayakan Tempat Usaha Cuci Mobil

Menilai-Kelayakan-Tempat-Usaha-Cuci-Mobil-MRE

Mbak Mike,

Saya sedang berpikir ingin membeli sebuat tempat pencucian mobil milik teman yang hampir tutup. Karena tempat pencucian mobil yang akan saya beli masih cukup baru (belum genap 6 bulan), jadi saya tidak cukup mendapatkan gambaran mengenai pendapatannya. Untuk membeli tempat cuci mobil tersebut saya harus mengajukan pinjaman ke bank, dan saya sendiri juga belum terlalu memahami mengenai bisnis pencucian mobil, tapi saya seorang insinyur dan cukup memahami perlengkapan yang digunakan untuk mencuci mobil tersebut. menurut mbak Mike, apakah tempat cuci mobil tersebut merupakan aset investasi yang baik? Kira-kira apa saja yang harus saya persiapkan sebelum mengajukan pinjaman dana ke bank? Dan terakhir, kira-kira di mana ya saya bisa mempelajari lebih banyak mengenai bisnis seperti itu?

Terima kasih.

Edy.L. Jakarta.

 

 

Jawab :

Halo Pak Edy,

Memulai suatu bisnis adalah salah satu cara untuk berinvestasi, dimana dari hasil keuntungan bisa menjadi pemasukan untuk Anda. Namun terlebih dahulu kita harus memperhitungkan apakah bisnis tersebut layak dijadikan investasi atau tidak, apalagi jika Anda harus meminjam dari bank untuk keperluan investasi. Jangan sampai Anda sudah terlanjur mengambil pinjaman namun kesulitan dalam membayar cicilan pinjamannya karena ternyata hasil usahanya tidak cukup untuk membayar pinjaman. Sebagai seorang insinyur, Anda cukup memahami perlengkapan yang digunakan untuk mencuci mobil tersebut, hal ini sudah merupakan suatu keuntungan. Namun pengetahuan terjadap mesinnya saja tidak cukup, sebab lebih jauh Anda juga harus memahami terlebih dahulu karakter atau apa dan bagaimana bisnisnya tersebut.

Apakah usaha cuci mobil merupakan bisnis yang baik atau tidak? Untuk menilai apakah suatu bisnis layak dibeli sebagai investasi atau tidak, maka sangat memerlukan data-data keuangan selama usaha tersebut sudah berjalan misalnya laporan Laba/Rugi, Laporan Arus Kas dan Neraca. Kendalanya sejarah keuangan masa lalu juga belum bisa dijadikan ukuran karena bisnisnya baru berjalan 6 bulan, dimana kemungkinan secara keuangan bisnis tersebut belum menguntungkan. Jika penilaian secara kuantitas (kondisi keuangan) kurang mendukung, maka Anda bisa menilai kelayakan suatu bisnis berdasarkan analisa kualitatifnya (non angka). Analisa kualitatif memperhitungkan faktor-fktor (intern & eksteren) apa saja yang mempengaruhi keberhasilan usaha antara lain manajemen atau siapa pengelolanya, bentuk perusahaan, strategi pemasaran yang sudah dijalankan, cara produksi, sumber daya manusia, dan lain-lain.

Untuk analisa faktor eksternal maka lakukan semacam riset kecil untuk mengetahui permintaan atau kebutuhan orang terhadap jasa cuci mobil juga bagaimana persaingan yang terjadi bisnis di bisnis ini. Riset ini bisa dikatakan sebagai survey pemasaran, bertujuan untuk membantu Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai bisnisnya. Misalnya mengetahui mengapa orang membutuhkan jasa cuci mobil, siapa saja penggunanya, berapa seringnya orang menggunakan jasa ini, apa saja variasi jasa yang bisa ditawarkan dalam binis cuci mobil, dan lain-lain. Hasil dari riset inilah kemudian digunakan untuk menentukan target pasar, mengatur kebijakan mengenai harga dari jasa yang ditawarkan dan segala sesuatu mengenai strategi pemasaran yang diperlukan untuk memenangkan persaingan. Jika hasil dari riset tadi, menghasilkan kesimpulan bahwa bisnis cuci mobil tersebut mempunyai potensi, maka selanjutnya tinggal bagaimana mencari sumber modal bagaimana harus membiayai bisnis tersebut. Sumber modalnya sendiri bisa dari mana saja, tentunya yang terutama adalah dari modal sendiri, kemudian dengan cara patungan (partner) atau meminjam ke bank. Jika Anda ingin meminjam ke bank khusus untuk alasan usaha, maka perlu Anda ketahui bahwa persyaratan diberikannya kredit usaha adalah jika usahanya sudah berjalan lancar minimal 2 tahun, untuk kredit inipun Anda harus menyertakan jaminan. Karena usaha cuci mobil ini baru berjalan 6 bulan, maka belum memenuhi syarat untuk diberikan kredit usaha. Anda mungkin bisa meminjam kredit jenis lain selain kredit usaha, namanya kredit multi guna. Kredit multi guna ini bisa digunakan untuk tujuan apa saja tidak harus dengan tujuan untuk membiayai usaha. Namun kredit multi guna juga mensyaratkan adanya jaminan. Jika Anda keberatan mensertakan jaminan, maka mungkin Kredit Tanpa Agunan cocok untuk Anda, namun karena tanpa jaminan sama sekali maka jumlah pinjaman dibatasi agar tidak terlalu besar.

Tinggalah Anda yang menyesuaikan antara pinjaman dengan kebutuhan Anda. Namun, saran saya jika bisnisnya belum menghasilkan keuntungan karena baru berjalan, maka usahakanlah untuk menggunakan modal sendiri terlebih dahulu. Sebab pinjaman kepada bank akan meyebabkan kewajiban pembayaran cicilan pinjaman yang rutin, padahal bisnisnya sendiri karena baru berjalan belum tentu bisa menghasilkan penghasilan rutin yang cukup untuk membayar cicilan hutang bank. Kecuali Anda mempunyai penghasilan lain yang bisa menjamin pembayaran cicilan hutang, maka selama bisnis tersebut belum menghasilkan penghasilan yang cukup, maka cicilan hutang bank bisa dibayar dari penghasilan Anda yang lain.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai bisnis cuci mobil, maka Anda bisa mendapatkan banyak referensi dari berbagai sumber antara lain orang yang lebih dahulu berkecimpung dalam bisnis cuci mobil. Dalam hal ini pengelola sebelumnya yang menjual bisnis cuci mobil ini kepada Anda bisa menjadi referensi. Anda juga bisa mendapatkan informasi atau kisah sukses pengusaha lain dalam bidang yang sama dengan browsing di internet, pada media on-line ini bahkan Anda hampir selalu bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja. Begitu juga majalah, harian bisnis sesekali mengulas tentang bisnis mobil. Tidak ada salahnya juga Anda mengikuti berbagi kursus dan pelatihan kewirausahaan terutama yang membahas topik seputar bisnis perawatan kendaraan. Disana Anda bisa bergabung juga bertukar informasi dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama, bertemu dengan para usahawan yang sudah berhasil dan berguru darinya, juga sekaligus mempromosikan usaha cuci mobil Anda nanti.

Selamat berbisnis!

 

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts