Menyiapkan dana untuk Jalan-jalan ke luar negeri

Dana-Untuk-Jalan-Jalan-Ke-Luar-Negeri-MRE“Menyiapkan dana untuk Jalan-jalan ke luar negeri”

Mempersiapkan dana jalan-jalan ke luar negeri bukanlah  hal yang sulit, tergantung bagaimana kuatnya niat Anda. Namun niat yang kuat juga tidak cukup, sebab bisanya memang banyak godaan di tengah jalan selama proses mengumpulan uang untuk mempersiapkan dana liburan atau jalan-jalan ke luar negeri ini.

Yang pertama harus dilakukan sebelum jalan-jalan ke luar negeri adalah menentukan berapa jumlah dana untuk jalan-jalan ke luar negeri yang dibutuhkan untuk negara yang dituju dana kapan Anda ingin pergi berlibur. Informasi mengenai besarnya dana untuk jalan-jalan ke luar negeri ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber misalnya Biro Perjalanan Wisata, dari teman Anda yang sudah pernah kesana atau dari internet dan media informasi lainnya.

Biasanya memang akan lebih murah jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya sendiri dibandingkan dengan mengikuti paket wisata luar negeri dari suatu Biro Perjalanan Wisata. Namun, dilain pihak Anda terbebas dari sejumlah besar kerepotan yang harus Anda lalui jika menyiapkan sendiri. Dengan mengetahui terlebih dahulu jumlah dana liburan yang dibutuhkan untuk jalan-jalan ke luar negeri dan kapan Anda akan pergi , maka selanjutnya akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur strategi atau cara mengumpulkannya. Misalnya Anda memutuskan untuk berlibur  ke Singapura selama 7 hari, dan menurut kawan Anda yang sudah ke sana selama seminggu membutuhkan dana sekitar $ 1.500,-. Anda ingin pergi berlibur pada bulan Desember 2005. Dengan demikian jika Anda bisa mulai menabung dari bulan Juni 2004  dan dana liburan tersebut harus sudah siap pada bulan November 2005, maka Anda memiliki waktu 18 bulan lagi. Berarti setiap bulannya Anda harus mengumpulkan uang sejumlah minimal  $ 84 ,-  ( $ 1.500,- : 18 )  sehingga pada hulan November 2005 terkumpul dana sejumlah $ 1.512,-.

Untuk mempersiapkan dana untuk jalan-jalan ke luar negeri, Anda bisa mengumpulkannya secara rutin bulanan dari  penghasilan atau gaji Anda Jika masih kurang , bisa juga dipertimbangkan  menarik sejumlah dana dari  tabungan Anda yang menganggur. atau mencairkan sejumlah kecil deposito, jika ada.  Tetapi ingat, setelah liburan usai mulailah mengisi kembali tabungan  atau deposito yang berkurang tadi secara bertahap di bulan-bulan berikutnya. Nah supaya Anda bersemangat dan  disiplin dalam menabung untuk mempersiapkan dana liburan ini, dan agar selama dalam proses mengunpulkan dananya tidak terpakai  untuk hal lain.

Berikut ini ada beberapa tips mempersiapkan dana liburan untuk jalan-jalan ke luar negeri yang bisa Anda jalankan antara lain :

–    Pisahkanlah rekening khusus dana liburan tersendiri dari rekening Anda yang lain. Karena dana liburan ke luar negeri biasanya jumlahnya cukup besar maka paling aman adalah membuka rekening di bank. Dengan memiliki rekening dana liburan sendiri, akan memudahkan Anda melakukan pemeriksaan jumlah saldo apakah target dana liburan yang dibutuhkan sudah tercapai atau belum. Selain itu juga bisa mencegah Anda mengambilnya untuk pengeluaran lain yang bukan tujuannya. Anda bisa membuka rekening dolar langsung, atau tetap melalui rekening rupiah  dan tinggal menyesuaikan kursnya atau nilai tukarnya.

–     Kemudian setiap bulannya saat Anda menerima gaji , maka sisihkanlah terlebih dahulu untuk setoran rutin ke rekening dana liburan.. Sisa dari gaji Anda baru digunakan untuk kebutuhan lain. Dengan membayar setoran rutin rekening liburan terlebih dahulu atau di awal bulan, berarti Anda tidak perlu menyisishkan lagi di akhir bulan. Sebab biasanya jika kita membayar  tabungan dari sisa gaji, maka biasanya malah tidak ada sisanya.

–    Jika kebetulan Anda mendapat bonus atau THR maka bisa digunakan untuk menambah jumlah dana liburan. yang masih kurang.

–    Jika memungkinkan ajak teman Anda atau orang terdekat lainnya untuk mempunyai tujuan liburan yang sama, sehingga masing-masing bisa saling memperingatkan jika  salah satu mulai tergoda memakai dana liburan tersebut untuk sesuatu pengeluaran yang bukan tujuannya. Lagipula , jika Anda mempunyai teman seperjalanan, kemungkinan bisa melakukan penghematan misalnya biaya penginapan cukup menyewa satu kamar saja yang biayanya dibagi 2. Selain itu Anda juga bisa merasa lebih aman dan tidak kesepian selama di sana.

 

Selamat mempersiapkan dana liburan.

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts