Rumahku Kantorku (Bekerja dari Rumah)

Rumahku kantorku (Bekerja dari Rumah)

Rumahku-Kantorku-bekerja-dari-rumah-MRE

Masyarakat dunia saat ini mengalami gejala cocooning (kokon dan kepompong). Mereka lebih suka melakukan hampir semua aktifitasnya dari rumah. Terutama dalam melakukan pekerjaan mereka. Nampaknya ide berangkat kerja saat Subuh dan pulang kantor setelah Magrib, benar-benar meletihkan jiwa dan raga. Terutama di kota-kota besar contohnya Jakarta. Anda akan terkejut jika menghitung berapa banyak waktu tersia-sia karena jalanan yang super macet. Orang-orang semakin ingin mandiri, mereka menginginkan suatu kebebasan pribadi dan berharap lebih banyak memiliki pilihan dalam hidup ini.

Pada dasarnya semua orang adalah malas, dan jika dimungkinkan orang akan memilih sesuatu kenyamanan dan menghindari sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman, untuk beberapa alasan sederhana :

– Orang semakin ingin dekat dengan keluarga.

– Orang ingin punya usaha sendiri yang memungkinkan adanya sumber pendapatan yang lebih baik.

– Orang ingin menekuni sebuah hobi sendiri.

– Orang ingin menghindari stress.

– Orang ingin menghindari kemacetan.

Bekerja di rumah sendiri, tanpa harus macet dijalanan, bisa istirahat kapan saja, mulai kapan saja, sambil menikmati televisi, bercanda dengan keluarga, sambil melakukan hobi, mempunyai waktu untuk olahraga. Dan banyak lagi kelebihan yang lain yang perlu dipertimbangkan, kalau anda bekerja dari rumah. menjalankan bisnis dari rumah.

Tentu saja dibalik semuanya itu ada harga yang harus dibayar, ada usaha yang perlu dilakukan. Berbisnis dari rumah bukanlah sulap yang bisa memberikan banyak uang dalam semalam. Anda harus melakukan kerjanya dan mempunyai informasi bagaimana melakukannya.

Home Head Office or Home Branch Office

Tidak semua jenis bidang pekerjaan dan memang masih jarang perusahaan yang sudah melaksanakan konsep bekerja dari rumah. Para pekerja lapangan dan mereka dengan profesi yang mengharuskannya berpindah-pindah, bahkan nyaris tidak pernah berada di rumah.

Kemajuan tehnologi informasi memungkin kita untuk terkoneksi dimana saja kapanpun juga. Anda bisa tetap menyelesaikan berbagai macam tugas-tugas kantor tanpa harus hadir di kantor. Mulailah berpikir bahwa rumah anda adalah kantor cabang dari perusahaan tempat bekerja. Sewaktu-waktu jika diperlukan anda tentunya harus memenuhi jadwal meeting atau menyelesaikan berbagai urusan administrasi lainnya yang memerlukan kehadiran anda ke kantor pusat. Selebihnya anda harus bekerja full time di tempat anda ditugaskan di kantor cabang, alias rumah anda. Jika perusahaan tempat anda bekerja mengijinkan hal ini, maka anda bisa menjadi pegawai rumahan.

Para pekerja mandiri, pekerja paruh waktu dan pekerja seni umumnya memiliki lebih banyak kebebasan pribadi untuk mengatur waktu bekerja dan dimana pekerjaan tersebut ingin dilakukan. Contoh konsultan, pengajar, artis, atau penulis – kita bisa menyebut mereka profesional rumahan.

Yang menyenangkan adalah jika anda memutuskan untuk membuat rumah anda menjadi kantor pusat anda. Disini anda tidak hanya bekerja dari rumah tetapi menjalankan bisnis sendiri dari rumah. Hampir segala kegiatan operasional dan keputusan-keputusan penting usaha di lakukan dikantor pusat ini. Karena anda menjalankan usaha dari rumah, maka anda memilih menjadi pemilik bisnis rumahan.

Intinya hampir semua pekerjaan dapat dilakukan dari rumah, anda hanya tidanggal memilih apakah akan menjadi pegawai rumahan, profesional rumahan atau pemilik bisnis rumahan.

Tips Bekerja Dari Rumah

Ketika anda memulai bekerja dari rumah, anda harus menguasai dengan cepat berbagai keterampilan sekaligus. Mulai dari pemasaran, penjualan, berhubungan dengan pelanggan, manajemen waktu, perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan. Bukan itu saja, anda pun masih  dituntut untuk memberikan produk dan jasa yang terbaik. Ditambah lagi, anda mesti menyeimbangkan urusan rumah tangga dengan pekerjaan. Mungkin dari pengalaman kerja sebelumnya sudah memberikan sejumlah informasi bagaimana menjalankan usaha. Jika belum, beberapa tip berikut ini dapat anda jadikan panduan mengenai hal apa saja yang harus anda pahami agar bekerja dari rumah dapat anda lakukan dengan optimal :

  • Tentukan jam kerja anda

Bekerja tanpa patolan jam kerja, dan melakukan apapun semau anda adalah ide buruk. Anda tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan apapun jika anda tidak memiliki disiplin waktu kerja. Tentukan berapa jam kerja yang harus anda patuhi, atau tentukan kapan ” jam masuk dan jam pulang kerja”.  Bisa jadi jam kerja memang tidak beraturan, tapi secara keseluruhan harus memenuhi maksimum target jam kerja per minggu.

  • “Result Oriented” not “Rule Oriented”

Bekerja sendiri di rumah terkadang bingung dalam membuat milestone ini atau target pencapaian. Terlebih jika punya beberapa pekerjaan yang harus berjalan secara “multi-tasking”. Tanpa menentukan milestone ini, mustahil kita akan mencapai “Result Oriented” yang maksimum. bukan hanya sekedar memenuhi jam kerja perminggu tadi alias “Rule Oriented”.

  • Atmosfir kerja yang nyaman

Bekerja dari rumah bukan berarti bebas gangguan. Anda tidak akan bisa bekerja jika anak-anak merengek seharian, tempat kerja yang sumpek, atau sulit menemukan file penting karena segala sesuatu tidak beraturan. Tentukan ruangan di rumah yang akan anda pakai bekerja dan tidak boleh sembarang orang masuk melakukan aktifitas disitu. Juga tentukan waktu kapan melakukan tugas rumah tangga dan kapan melakukan pekerjaan.

  • Hati-Hati Mood

Menunggu mood untuk bekerja, sama saja dengan menunggu bintang jatuh. Jangan mentang-mentang di rumah dan tidak ada yang mengawasi, anda kemudian bisa menunda pekerjaan. Menonton TV dulu, berlama-lama membaca koran, atau ngegosip dengan tetangga, supaya ”mood”. Anda bisa istirahat sejenak jika keletihan, di luar itu kendalikan mood anda.

  • Social Life

Memanjangkan tali silaturahmi membuka pintu rejeki. Bekerja dari rumah bukan anda terkungkung. Apalagi networking sangat penting untuk karir dan bisnis anda. Perluas pergaulan jangan hanya di sekitar rumah saja atau jangan merasa cukup dengan mengikuti diskusi di berbagai milis dunia maya. Pertemuan tatap muka dengan teman-teman seprofesi atau orang lain di luar bidang pekerjaan anda akan memperluas wawasan anda.

 

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts