Tips Membeli Mobil Secara Tunai Maupun Kredit

  • December 29, 2014
  • Tips

Tips Membeli Mobil Secara Tunai Maupun Kredit

 

Tips-membeli-mobil-secara-tunai-maupun-kredit-MRE

 Berikut adalah tips membeli mobil baik dengan pembayaran secara tunai maupun kredit, bagi anda yang ingin memiliki mobil.

Pembelian mobil adalah salah satu pengeluaran yang cukup besar, sehingga jika tidak direncanakan dengan baik bisa-bisa Anda membelanjakan uang Anda lebih banyak dari pada yang seharusnya. Bayangkan saja, pada saat mobil tersebut menjadi milik Anda maka untuk selanjutnya akan ada pengeluaran tambahan dalam anggaran  rumah tangga Anda seperti biaya bensin, parkir, tol , perawatan mobil, dan asuransi. Biaya-biaya tersebut akan terus terjadi dan cenderung meningkat sebanding dengan kenaikan harga barang-barang atau inflasi, tetapi hal sebaliknya terjadi pada nilai mobil itu sendiri, dimana harganya cenderung turun dari tahun ke tahun karena adanya penyusutan. Karena itu sebelum Anda melakukan transaksi pembelian mobil, penting disadari bahwa Anda membeli barang yang nilainya langsung merosot 10 sampai 20 persen begitu Anda mengendarainya di jalan. Sudah siapkah anda membaca tips membeli mobil dari kami ?

 

Tips Membeli Mobil (1) : Menetapkan Budget Pembelian Mobil

Hal yang pertama yang harus dilakukan bahkan sebelum Anda pergi “ berbelanja “, adalah mengetahui berapa dana yang Anda miliki saat ini dan memberi batasan  seberapa banyak yang dapat dibelanjakan untuk mobil. Pembelian mobil dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu membeli secara tunai maupun dengan kredit. Untuk pembelian tunai biasanya dealer mobil akan meminta Anda untuk membayar tanda jadi atau booking fee. Untuk pembelian mobil dengan kredit, Anda tetap harus menyediakan sejumlah uang tunai untuk membayar  uang muka atau DP  sebesar minimal 30 % dari harga mobil. Sehingga sisanyalah yang akan dicicil. Selain itu perlu diperhitungkan pula anggaran untuk biaya bahan bakar mobil, perawatannya dan asuransi. Nah, keseluruhan dari biaya-biaya pembelian mobil ini, sebaiknya sudah diperhitungkan di awal agar tidak menghabiskan porsi yang terlalu besar dari penghasilan anda.

 

Tips Membeli Mobil (2) : Memilih Jenis Mobil Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam memilih jenis mobil, sebaiknnya di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tentukan modelnya berdasarkan kapasitas muatnya penumpang atau barang dan  buatlah daftar prioritas fungsi apa saja yang Anda inginkan. Setelah itu barulan mencari jenis mobil yang memiliki kriteria tersebut. Dengan membatasi pilihan pada model mobil yang  memenuhi  kebutuhan Anda saja maka Anda dapat lebih banyak menghemat waktu dan tentunya mencegah Anda untuk mengeluarkan uang pada hal – hal yang sebenarnya bukan prioritas Anda .

 

Tips Membeli Mobil (4) : Strategi Tawar Menawar Harga Mobil

Setelah  mempersiapkan anggarannya dan memilih jenis mobil yang diinginkan, maka saatnya untuk pergi “ berbelanja “ . Membeli mobil tentu tidak selalu berarti  pergi ke dealer mobil. Bisa saja Anda ingin membeli mobil dari seorang saudara atau teman, tapi yang paling penting Anda harus tetap pada rencana dan mematuhi anggaran yang sudah dibuat. Siapapun mereka anggap saja semuanya adalah penjual mobil yang akan membujuk Anda untuk membeli, tidak peduli apakah mobil tersebut sesuai dengan Anda atau tidak. Perlihatkanlah kepada para penjual mobil tersebut bahwa  Anda sudah tahu apa yang akan dibelanjakan dan mencari jenis mobil tertentu yang memiliki fasilitas yang Anda inginkan . Hal tersebut merupakan salah satu tips membeli mobil yang patut diperhitungkan.

 

Strategi tawar menawar harga  mobil :
1.    Sebelum Anda bernegosiasi carilah informasi tentang harga-harga mobil  yang akan dibeli, sehingga Anda akan mengetahui berapa harga yang pantas dibayar untuk jenis mobil dengan kondisi tertentu
2.    Saat bernegosiasi jangan pernah mengatakan berapa budget Anda, karena biasanya Anda akan ditawarkan pada harga mobil diatas budget Anda, tentunya dengan ditambahi berbagai fasilitasnya yang belum tentu Anda butuhkan.
3.    Jangan pernah memutuskan untuk membeli dengan sekejap tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu, walaupun  jika diiming-imingi  diskon.
4.    Jika Anda menghubungi dealer lewat telpon, catatlah selalu contact person atau nama salesnya berikut informasi  harga yang diberitahukan. Hal ini akan menambah kekuatan penawaran Anda.
5.    Untuk mencari harga yang terbaik, gabungkanlah seluruh informasi dari dealer-dealer mobil yang sudah Anda kunjungi dan bandingkanlah harganya satu sama lain.
6.    Waktu-waktu yang terbaik unutk bernegosiasi biasanya diakhir bulan ketika para dealer sedang berusaha untuk mencapai target penjualan. Demikian juga beberapa minggu sebelum hari raya Lebaran atau Natalan ,demikian juga pada bulan Januari atau Pebuari karena biasanya pada saat ini bisnis sedang berjalan lambat.
7.    Buatlah negosiasi menjadi simple atau mudah. Jangan pernah mendiskusikan mengenai cicilan kredit mobil sampai Anda mendapatkan harga yang pasti.

 

Tips Membeli Mobil (3) : Membeli Mobil Dengan Kredit

Setiap dealer mobil biasanya bekerja sama dengan perusahaan leasing untuk menyediakan jasa pembelian mobil dengan kredit  atau Anda dapat mengajukan kredit pemilikan mobil ( KPM ) ke bank. Pada saat ini jangka waktu kredit mobil rata-rata hanya 1 s/d 3 tahun, dan memang sebaiknya kredit mobil jangka waktunya tidak lebih dari 5 tahun, karena Anda tetap akan membayar jumlah cicilan yang sama besarnya padahal nilai mobil itu sendiri sudah jauh berkurang. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar maka patokannya adalah jumlah cicilan kredit mobil Anda seharusnya tidak lebih dari 1/3 pengasilan Anda perbulan, sehingga sisanya atau 2/3 dari penghasilan Anda dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya

Akan lebih bijaksana jika Anda tidak memaksakan diri untuk membeli mobil baru jika setelah diperhitungkan ternyata cicilan bulanannya sangat berat untuk Anda.  Ingat karena jangka waktu kreditnya pendek maka bisa jadi cicilan kredit mobil jauh lebih besar dari pada cicilan rumah yang jangka waktunya panjang. Pertimbangkanlah untuk membeli saja mobil bekas yang kondisinya lebih baik dari mobil Anda.

 

Semoga dengan adanya tips membeli mobil ini, menambah pengetahuan anda sebelum benar – benar membeli mobil

 

Penulis    Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts