Mengatur Cashflow Dengan Kartu Kredit

Mengatur-cashflow-dengan-kartu-kredit-MRE“Mengatur Cashflow Dengan Kartu Kredit”

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa manfaat kartu kredit sangat beragam, diantaranya sebagai pinjaman siap pakai saat kita berhadapan dengan keadaan darurat, yang mengharuskan kita untuk membayar sejumlah uang dalam jumlah cukup besar. Di saat genting tersebut kartu kredit dapat digunakan, manakala tidak tersedia dana tunai untuk membayar pengeluaran darurat tersebut.

Penggunaan Kartu Kredit

Di luar itu, penggunaan kartu kredit untuk aktifitas sehari-hari hampir menyamai fungsi uang tunai sebagai alat pembayaran. Kecanggihan kartu kredit memang semakin membuat uang plastik ini kian mendapat tempat di hati para pembelanja. Sekarang bahkan anda tidak perlu “gesek” lagi, cukup menempelkan kartu kredit itu di depan mesin pembaca yang selanjutnya melakukan approval transaksi anda dalam sekejap mata. Satu-satunya hal yang tidak bisa di berikan kartu kredit adalah kebebasan tanpa syarat. Anda tidak bisa menggunakannya tanpa menimbulkan kewajiban pembayaran. Setelah 15-20 hari masa tunda penagihan, hak anda untuk membayar sebesar jumlah yang sama dengan jumlah pada saat membeli hanya sampai tanggal jauh tempo saja. Lewat dari itu, anda harus membayar jumlah lebih mahal untuk hal yang sama.

Mengalokasikan dana sedemikian rupa

Ketika kebutuhan bertambah banyak tanpa diiringi peningkatan penghasilan, makin sulit juga orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dana yang terbatas harus dialokasikan sedemikian rupa agar terpenuhi prioritas pengeluaran rutin rumah tangga, antara lain : (a) menabung & investasi; (b) membayar cicilan hutang; (c) membayar premi asuransi jatuh tempo; (d) membayar kebutuhan hidup. Bagi yang rela mengencangkan ikat pinggang, pemangkasan kebutuhan hidup rumah tangga menjadi alternatif yang paling memungkinkan. Namun harus dilakukan dengan hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai dampaknya. Memangkas belanja dapur misalnya, jangan sampai membuat keluarga kurang gizi. Begitu juga mengurangi biaya bensin, jangan sampai berakibat anda tidak bisa ke kantor. Adapun biaya-biaya rekreasi seperti makan di restaurant, nonton bioskop, atau ke tempat hiburan lain, tetap penting untuk dilakukan namun bukan prioritas. Anda bisa menguranginya tanpa menimbulkan dampak yang siknifikan.

 

Manfaat Kartu Kredit

Kartu kredit selain memberikan keleluasaan pembayaran tagihan dengan cicilan, juga memberikan program belanja hemat. Misalnya program cash back, yaitu pengembalian uang sejumlah persentase tertentu dari transaksi belanja. Uang yang di kembalikan biasanya tidak dalam bentuk tunai, tetapi di kreditkan ke dalam tagihan, sehingga dapat mengurangi total tagihan. Saat ini yang paling populer adalah cash back dengan jumlah + 10% untuk pembelian bensin di SPBU dan belanja kebutuhan rumah tangga di hypermart. Juga tidak ketinggalan program diskon belanja diberbagai department store, toko mainan anak, restaurant, atau hotel. Jumlah diskon yang diberikan juga bervariasi antara 10%-50%. Dengan menggunakan program belanja murah ini anda dapat menghemat pengeluaran biaya hidup. Dengan syarat bahwa apa yang akan dibeli sudah direncanakan  dalam anggaran belanja bulanan. Dimana anda sudah menentukan apa saja barang yang mau dibeli, berapa jumlahnya, berapa perkiraan harganya dan dengan program belanja murah kartu kredit yang mana yang bisa membuat anda berhemat.

Selain program belanja murah, manfaat kartu kredit diantaranya memberikan fasilitas transfer balance, yaitu pemindahan sisa saldo kartu kredit. Umumnya transfer balance memberikan keringanan bunga rendah selama jangka waktu tertentu dengan jumlah cicilan tetap. Transfer balance diminati oleh mereka yang membutuhkan keringanan pembayaran tagihan kartu kredit. Tak ketinggalan adalah program reward poin, dari tiap kelipatan transaksi belanja anda mendapatkan poin-poin yang bisa diakumulasi dan bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Intinya, berbagai manfaat kartu kredit di buat untuk satu tujuan, yaitu agar penggunanya semakin banyak belanja. Karena itu sebagai pengguna kartu kredit yang cerdik, anda harus berhati-hati dalam pemakaiannya. Selalu ingatkan diri sendiri bahwa kartu kredit adalah hutang bukan uang anda sendiri yang bebas dibelanjakan. Belanjalah dengan terencana dengan terlebih dulu membuat anggaran belanja seperti kriteria di atas. Agar lebih disiplin dalam belanja, dan penghematan dengan memanfaatkan program belanja murah dari kartu kredit dapat tercapai. Terakhir, bayarlah tagihan kartu kredit anda tepat waktu dan lunasi sisa saldonya – itulah cara pemakaian kartu kredit yang terbaik.

Dengan berbagai manfaat kartu kredit  yang ditawarkan, maka penggunanya pun dituntut lebih bijak dalam menggunakannya agar dapat mengatur cashflow sedemikian rupa.

 

Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts