Tips Memilih Tabungan

Tips-Memilih-Tabungan-MRE“Tips Memilih Tabungan”

Dalam memutuskan untuk memilih produk tabungan dan banknya  yang  sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangan-pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Jika Anda mengkhawatirkan mengenai angsuran tabungan yang mungkin terlalu besar, maka perlu diketahui bahwa setoran awal tabungan di bank adalah yang paling kecil dibandingkan produk simpanan atau produk investasi lainnya. Rata-rata setoran awal pembukaan  tabungan di bank biasanya  antara Rp 100.000,- s/d Rp 500.000,- , untuk setoran tabungan selanjutnya bebas jumlahnya, Anda  bisa menabung  dibawah setoran minimal bahkan Rp 10.000,- saja. Dengan demikian setoran awalnya saja yang besar untuk selanjutnya setoran tabungan jauh lebih fleksibel. Sekarang tinggal Anda banyak mencari informasi mengenai produk tabungan di bank dan berapa setoran awalnya, membandingkannya satu sama lain, dan memilih yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  2.  Setoran awal tabungan di bank memang rata-rata saat ini bertambah tinggi, hal ini disebabkan semakin banyaknya fasilitas kemudahan bertransaksi yang diberikan bank kepada para nasabahnya, antara lain fasilitas kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu debet, jumlah ATM yang semakin banyak, buku tabungan, pembayaran berbagai tagihan seperti telepon, listrik, handphone ,kartu kredit, layanan informasi 24 jam , dan banyak lagi. Biasanya semakin mahal setoran awal tabungannya maka semakin banyak juga fasilitas yang diberikan. Karena itu saat ini tabungan selain digunakan untuk menyimpan juga lebih sering digunakan untuk transaksi pembayaran. Masalahnya jika Anda ingin tabungan Anda menjadi simpanan  saja , maka berbagai fasilitas diatas tidak terlalu diperlukan sebab uangnya sendiri tidak  diambil jika tidak terpaksa. Karena itu, untuk maksud ini Anda bisa memilih tabungan dengan setoran awal yang murah namun fasilitas kemudahan bertransaksi tidak terlalu banyak
  3. Suku bunga tabungan juga merupakan pertimbangan penting. Saat kita menyimpan tabungan di bank maka kita berharap agar uang kita berkembang. Suku bunga tabungan antara bank yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Bahkan dalam satu bank yang sama bisa saja untuk mengeluarkan beberapa produk tabungan dengan suku bunga yang berbeda. Hal ini memang disengaja oleh bank untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Ada nasabah yang memang butuh tempat menabung saja , jarang mengambil uangnya dan saldo tabungannya semakin lama semakin besar sehingga menginginkan bunga yang lebih baik. Ada juga nasabah yang tidak terlalu perduli dengan suku bunga tabungan , karena tabungannya memang digunakan untuk bertransaksi, sehingga saldo tabungannya memang tidak terlalu banyak. Nah tinggal Anda memutuskan, jika tabungan untuk investasi maka pilihlah yang memberikan suku bunga yang kompetitif.
  4. Biaya-biaya administrasi, juga sebaiknya diperhatikan. Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun bisa mengurangi keuntungan yang dihasilkan dari bunga tabungan. Belum lagi ditambah dengan potongan pajak. Bisa-bisa memperlambat pertumbuhan dana tabungan. Carilah produk tabungan yang mengenakan biaya administrasi yang realistis. Semakin sedikit fasilitas yang diberikan seharusnya biaya administrasinya semakin sedikit.
  5. Pintar- pintar memilih bank yang sehat agar kita merasa aman menyimpan uang di bank tersebut. Walaupun tidak mudah bagi kita yang awam untuk  menilai kesehatan sebuah bank, namun paling tidak , bisa memenuhi standar  minimal ratio kesehatan bank yang disyaratkan oleh Bank Indonesia. Ratio Kecukupan Modal atau  Capital Adequacy Ratio (CAR), dimana Bank Indonesia menetapkan minimum CAR sebesar 8 %, jadi bank dengan CAR di bawah < 8 % mempunyai risiko yang tinggi
  6. Jangan mudah terpesona dengan penampilan lahiriah bank yang mentereng, seperti gedung kantor yang bertingkat tinggi  dan ekslusif dan juga jangan mudah tergoda dengan penawaran hadiah yang menggiurkan dan rayuan promosi yang gencar , karena sekali lagi, belum tentu mencerminkan kondisi kesehatan suatu bank.

Selamat menabung.
Penulis     : Mike Rini Sutikno, CFP.
Mitra Rencana Edukasi
 – Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia, Blog Kemandirian Finansial Blog

 

 

Leave a Comment

Kontak Kami

0897-6503-291

info@mre.co.id

More from our blog

See all posts